Gubernur Kalimantan Selatan  H Sahbirin Noor menghadiri Haul ke-4  H Sulaiman HB bin H Basirun atau familiar disapa  H Leman ,  di Komplek Kubah Datu Abdussamad, Jl Veteran,  Marabahan, Kabupaten Barito Kuala, Kamis (2/5) . 

Haul dihadiri para  habib  alim ulama, Forkopimda, bupati/ wali kota, tokoh  tokoh Banua,  Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel menyebut sosok almarhum H Leman adalah salah satu tokoh panutan  Banua. 

"Almarhum H Leman adalah sosok.tokoh panutan dan turut berjasa bagi kemajuan pembangunan di Kalsel. Mari  doakan  semoga beliau senantiasa dalam keberkahan Allah," ucap gubernur.

Dikemukakan, sosok H Leman  bukan hanya putera terbaik Banua, tetapi juga seorang tokoh yang dihormati dan disegani, baik sebagai  tokoh masyarakat, pengusaha, maupun politisi.

Berdasarkan pantauan, prosesi Haul ke 4 H Sulaiman HB berlangsung dalam suasana penuh lekeluargaan dan khidmat.

Ribuan jamaah dari Batola dan sekitarnya larut dalam suasana khusyuk saat mengiringi pembacaan doa dan tahlilan serta Salawat Nabi Muhammad.

 
. (Antaranews Kalsel/Humpro kalsel)
Jamaah bukan saja  berasal dari wilayah Kabupaten Barito Kuala dan Banjarmasin, namun juga datang dari segenap penjuru daerah di Kalimantan Selatan.

"Yang paling ulun ingat senyuman terindah ayahnda kepada ulun, senyuman itu adalah waktu beliau mengizinkan ulun berfoto bersama beliau saat pilkada lalu dan kedua saat ulun membacakan pantun," paparnya.

Pantun yang dilantunkan  menurut gubernur tetap teringat sampai saat ini.

"Bunyi pantun  itu saya masih ingat betul, Sungai Jingah Kampung Melayu, Di tengah - tengah  Sungai Martapura, Marilah kita bersatu, untuk membangun banua. Mendengar pantun saya beliau tersenyum," ujar gubernur.

 "Banyak sekali peran yg berliau berikan, bahkan saat sidin sudah berpulang ke Rahmatullah, masih memberi manfaat bagi masyarakat. Contohnya pedagang asongan, dan pedang kaki lima bisa berjualan hingga ke dekat komplek makam almarhum, itu memberikan manfaat dan berkah," imbuhnya.

Turut berhadir Bupati Barito Kuala Hj Normiliani Hasanudin Murad. Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf, Habib Ali Zainal Abidin, Habib Fahmi Al-Muhdor. Habib Muhammad Al-Habsy, Guru KH. Ahmad Zuhdiannor, Guru KH. Asqalani,LC. Guri KH. Ahmad Sanusi alias guru Jaro.

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019