BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) selalu berupaya memberikan pelayanan ekstra guna mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan Program JKN-KIS.

Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan melalui BPJS Kesehatan gerai Mobile Customer Service (MCS) di kantor Pemerintah Kota Banjarmasin. Jum’at (30/03).

MCS adalah spot layanan berupa mobil yang didalamnya dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional pelayanan pelayanan yang dapat digunakan untuk memberikan layanan dan kemudahan kepada peserta dalam pemberian informasi mengenai Program JKN-KIS, serta pengurusan administrasi kepesertaan seperti pendaftaran peserta, pencetakan kartu peserta dan pemindahan fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Pelayanan MCS merupakan upaya BPJS untuk mendekatkan dan memudahkan peserta dalam mengakses layanan administrasi kepesertaan JKN-KIS yang menggunakan konsep “jemput bola”.

 Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Henny mengatakan, melalui MCS ini, apabila masyarakat tidak sempat mengurus ke kantor BPJS Kesehatan, bisa saja mengurus di MCS ini yang sedang buka lebih dekat dengan lokasi masyarakat tinggal.

Selain di kantor Pemerintah Kota Banjarmasin, MCS ini rutin secara bergantian mengelilingi 5 kecamatan yang ada di kota Banjarmasin setiap minggunya. Selain itu juga setiap awal bulan dan akhir bulan MCS juga buka di kegiatan car free day yang ada di kota Banjarmasin.

“Prioritas kami membuka layanan MCS ini adalah di tempat yang sering ramai dikunjungi masyarakat. Tentu saja hal ini guna memudahkan penyebaran informasi Program JKN-KIS," katanya.

Menurut Henny, saat ini masih banyak masyarakat yang masih bingung terkait  berbagai program iJKN-KIS, sehingga melalui MCS ini masyarakat bisa bertanya lebih banyak.

"Alhamdulillah antusias masyarakat terhadap MCS ini sangatlah tinggi, bisa dilihat dari MCS yang buka selalu ramai dikunjungi masyarakat.” tambah Henny.

Melihat antusias masyarakat terhadap layanan MCS ini, menandakan MCS sangat membantu masyarakat di tengah kesibukannya untuk bisa mengurus kepesertaan JKN-KIS.

Hal ini selaras dengan apa yang disampaikan oleh Baktiansyah yang merupakan salah satu peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Kota Banjarmasin.

“Sebelumnya saya bekerja di salah satu perusahaan swasta yang ada di Banjarmasin, namun setelah tidak bekerja di sana lagi otomatis kepesertaan saya dinonaktifkan sementara, karena sudah tidak ditanggung lagi oleh perusahaan," katanya.

Menurut dia, beberapa kali dia akan mengurus ke kantor BPJS Kesehatan selalu tidak sempat karena kesibukan dan posisinya terlalu jauh dari dengan kantor BPJS.

"Untungnya ada MCS ini, saya bisa langsung mengurus kepesertaan saya, memindahkan faskes dan sekaligus mencetak kartu. Sungguh sangat membantu.” Ujar Baktiansyah usai menerima pelayanan di MCS yang dibuka di kantor Pemerintah Kota Banjarmasin.

Selain MCS, kemudahan akses layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan adalah aplikasi Mobile JKN yang bisa di-download melalui aplikasi Playstore untuk gadget berbasis android dan AppStore untuk gadget berbasis iOS.

Serta layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 yang beroperasi selama 24 jam, sehingga masyarakat dapat menghubungi setiap saat apabila memerlukan konsultasi, informasi maupun aduan seputar layanan Program JKN-KIS.

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019