Ratusan orang dari berbagai elemen mulai dari pelajar, aktivis lingkungan hingga kalangan birokrat berkumpul di lokasi parkir Bandar Udara Warukin Kabupaten Tabalong.

Mereka terlibat aksi penanaman pohon yang diinisiasi Dinas Lingkungan Hidup setempat dalam rangka memperingati Hari Bumi Provinsi Kalimantan Selatan.

"Sekitar 285 bibit pohon sudah kita tanam dengan melibatkan sekitar 600 orang, termasuk pada puncak acara Hari Bumi Provinsi Kalsel ini," jelas Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong Rowi Rawatianice di Tanjung, Jumat.

Selain menggelar penanaman pohon Dinas LH juga membagikan 500 tas belanja pengganti kantong plastik kepada sejumlah pejabat lingkungan Pemkab Tabalong, perwakilan perusahaan, BUMN serta elemen masyarakat lainnya pada puncak Hari Bumi.

Peringatan Hari Bumi dengan tema Berinteraksi dengan alam ini juga dihadiri Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Pemprov Kalsel Fathurrahman,

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, perwakilan bupati dan walikota se - Kalsel serta pihak terkait lainnya. Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan gerakan hijau bersih dan nyaman sudah digalakkan sejak lama di 'Bumi Saraba Kawa' ini.

Termasuk berbagai upaya pengelolaan sampah dengan menargetkan pengurangan sampah melalui perda pembatasan sampah plastik.

"Kita juga memiliki bank sampah induk, pengurangan penggunaan kantong plastik serta membangun TPA sanitary landfill guna mendukung aksi pengurangan sampah," jelas Anang.

 Peringatan Hari Bumi ini juga mendapat dukungan pihak swasta, BUMN dan perbankan melalui dana CSRnya.

Antara lain dana CSR bidang lingkungan dari PT Adaro Indonesia Rp510 juta, bantuan 400 bibit pohon dari PT Pertamina EP Aset 5 Tanjung Field, CSR PT Pamapersada Nusantara Rp200 juta berupa pengembangan Hutan Kota , PT Buma Rp95 juta bagi pendidikan lingkungan hidup serta Bank BRI Cabang Tanjung.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019