Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Refdi Andri pada Kamis memantau kondisi jalur mudik Lebaran beserta fasilitas pelayanan pendukungnya.

Refdi mengatakan berdasarkan pantauannya, mulai keluar Jakarta sampai Cirebon ada beberapa kegiatan perbaikan jalan.

"Ada beberapa jalan yang sedang dalam perbaikan, tetapi kalau kita cermati dan informasi dari Dirjen PU semua ruas jalan itu akan terselesaikan dan akan diselesaikan 10 hari sebelum hari raya," katanya di Cirebon, Kamis.

Para pemudik, ia melanjutkan, akan bisa menggunakan jalan dengan kondisi baik tanpa ada kendala yang berarti pada masa musim mudik nanti.

Refdi juga mengecek beberapa tempat istirahat, memastikan area-area rehat bisa menampung kendaraan para pemudik selama masa mudik.

Ia mengatakan jumlah kendaraan yang akan melewati jalur tol dan non tol selama masa mudik Lebaran 2019 diprediksi naik sampai 30 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

"Prediksi jumlah kendaraan baik pada tol maupun ruas non-tol estimasi kemarin pada saat kita rapat terakhir di Kementerian Perhubungan sekitar 30 persen kenaikannya," kata dia.

"Tambahan kenaikan itu disebabkan bertambahnya kendaraan setiap tahun dan pergerakan masyarakat pada saat mudik ini menggunakan kendaraan darat, baik sepeda motor maupun mobil pribadi cukup tinggi," ia menambahkan.

"Tapi mudah-mudahan dengan jumlah yang kita perkirakan luar biasa itu semua bisa kita kerjakan dengan baik."
 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019