Tanjung - Pusat Kesehatan Masyarakat Kelua, Kabupaten Tabalong target melaksanakan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di lima desa.

Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Kelua Ony Erawati saat memberikan pemaparan terkait hasil kegiatan PIS - PK dengan Indeks Keluarga Sehat dalam penilaian puskesmas berprestasi tingkat Kabupaten Tabalong.

 "Tahun ini PIS - PK sudah kita laksanakan di Desa Pudak Setegal dan Desa Masintan," jelas Ony. Sisanya tiga desa yakni Desa Takulat, Desa Telaga Itar dan Desa Ampukung akan mendapat program yang sama di tahun ini.

Tahun sebelumnya PIS - PK sudah di laksanakan di Kelurahan Pulau, Desa Sei Buluh dan Desa Paliat dengan menekankan pada integrasi pendekatan akses pelayanan kesehatan, ketersediaan tenaga kesehatan hingga pembiayaan serta sarana dan prasarana.

 Puskesmas Kelua sendiri mengikuti penilaian pusat kesehatan masyarakat berprestasi tingkat Kabupaten Tabalong bersama 11 Puskesmas lainnya.

 Dalam pemaparannya Ony menyampaikan sejumlah inovasi Puskesmas Kelua diantaranya road show Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test berupa pemeriksaan leher rahim dan Gerakan kader asuh balita.

Inovasi lainnya kelompok ibu pendukung ASI eksklusif, Mari Budayakan Peduli Lingkungan serta Farmasi akan sediakan dan antarkan obat langsung ke perawat jaga di UGD rawat inap.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019