Bupati Banjar Khalilurrahman meresmikan kawasan penerapan cara budidaya ikan yang baik (CBIB) kelompok pembudidaya Ikan Berkah Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar,  Senin (22/4).

"Kabupaten Banjar harus mampu memproduksi benih ikan sendiri,  tidak lagi mengambil benih ikan dari daerah luar," ujar bupati disela-sela peresmian yang dihadiri sejumlah pimpinan SKPD Pemkab Banjar. 

Ia mengatakan, benih ikan patin harus diperoleh di daerah sendiri dan menjadi tantangan dan peluang yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat terutama pembudidaya ikan patin baik pembesaran pembenihan ikan.

Ditekankan, pihaknya mengapresiasi percontohan budidaya ikan patin dan diharapkan mampu menjadi sarana memenuhi kebutuhan ikan patin baik skala lokal maupun pasar di luar wilayah kabupaten Banjar.

"Harapan kami, kawasan yang jadi percontohan itu bisa menjadi tempat pembelajaran bagi pembudidaya ikan terutama melakukan budidaya ikan menerapkan cara pembenihan ikan yang baik," ungkapnya. 

Kepala Dinas Perikanan Banjar Riza Dauly mengatakan, pihaknya siap merealisasikan keinginan bupati sehingga bisa memproduksi benih ikan patin sendiri paling tidak pada 2021 mendatang. 

"Selama ini benih ikan patin kami datangkan dari Jawa Barat, dan sebelum kepemimpinan bupati berakhir tahun 2021, kami berusaha bisa swasembada benih ikan patin," katanya. 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019