Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani mengatakan proses pelaksanaan pemungutan suara di Kalimantan Selatan terjaga kondusif selama pelaksanaan proses pemungutan suara pada Rabu (17/4).

"Alhamdulilah dari laporan seluruh Kapolres dan Dandim, daerah mereka semua aman alias tidak ada kejadian menonjol yang berakibat terganggunya kamtibmas," terangnya.

Selain menerima laporan terkini dari jajarannya, Kapolda juga berkeliling ke sejumlah daerah untuk memantau langsung Tempat Pemungutan Suara (TPS) bersama Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf Mohammad Syech Ismed.

Adapun TPS yang didatangi Kapolda dan rombongan, yakni TPS 2 KBU Kelurahan Cempaka, Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin, TPS 03 Loktabat Utara, Kota Banjarbaru, dan TPS 01 Martapura, Kabupaten Banjar.

Kapolda pun berbincang langsung kepada petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan didapati bahwa semuanya lancar tidak ada kendala berarti.

"Antusias masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya juga besar. Hal ini, perlu disyukuri hingga pesta demokrasi tahun ini benar-benar disambut gembira oleh warga," katanya.


Kapolda juga mengimbau, agar masyarakat tetap menjaga kotentraman dan kedamaian pascapencoblosan.  

"Bagi yang  menang, jangan melakukan euforia berlebihan, apalagi sampai konvoi. Sedangkan yang kalah, tetap legowo dan menerimanya secara ksatria," tutur Yazid.

Sedangkan kepada jajaran aparat yang bertugas, diingatkan untuk tetap siaga dan tidak boleh lengah dengan terus mencermati dinamika situasi yang berkembang di lapangan.

Terkait personel BKO Polda Kalsel yang bertugas dalam pengamanan TPS ke satuan wilayah, akan ditarik seiring situasi kamtibmas yang dinilai aman terkendali.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019