Bazar murah yang digelar oleh Persit Kartika Chandra Kirana di depan Makorem 101/Antasari Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin disambut antusias masyarakat. Bahkan, 4.000 paket sembako murah yang disediakan langsung ludes dalam waktu singkat.

Ribuan masyarakat memang tumpah ruah di Makorem 101/Antasari pada Rabu (10/4). Mereka kebanyakan berasal dari keluarga kurang mampu yang memanfaatkan kegiatan bakti sosial kesehatan dan bazar murah yang digelar oleh Persit Kartika Chandra Kirana bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tidak hanya datang dari pelosok di wilayah Kota Banjarmasin, tapi juga Kabupaten Banjar dan Kabupaten Barito Kuala. 

"Terima kasih ibu-ibu istri Tentara dan juga Korem, saya bisa dapatkan sembako harga murah. Mudah-mudahan acara seperti ini sering-sering digelar untuk membantu kami yang kurang mampu," ucap Siti Rokayah (54), salah satu warga.
Sementara Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem/101 PD VI/Mulawarman Fitri M. Syech Ismed mengaku bersyukur bisa dapat membantu meringankan beban warga untuk mendapatkan sembako murah.

"Alhamdulilah 4.000 paket sembako berisi beras lima kilogram, gula satu kilogram, minyak goreng satu liter, dan tepung terigu satu kilogram yang nilainya Rp 43.000, dijual hanya Rp 10.000 langsung ludes dibeli warga," katanya.

Selain itu, masyarakat juga berbondong-bondong memanfaatkan fasilitas pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis di aula Makorem 101/Antasari. Di tempat ini, tim dokter dari TNI AD diterjunkan untuk mendukung kegiatan bakti sosial dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Persita Kartika Chandra Kirana dan HUT Ke-21 Kementerian BUMN tersebut.
Nampak juga Ketua TP PKK Kalimantan Selatan Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor dan Ketua Baznas Kalsel Pangeran Gusti Rusdi Effendi AR yang turut hadir mendukung kegiatan.

Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M Syech Ismed mengatakan, sudah kewajiban TNI termasuk ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Saya apresiasi jajaran pengurus Persit atas inisiasinya menggelar bazar dengan menyediakan harga sembako murah. Terima kasih juga kami sampaikan kepada PT Antam dan Bank BTN serta pihak lainnya yang telah membantu mendukung pelaksanaannya," terang Danrem.
Pada kesempatan itu, Danrem juga secara simbolisasi menyerahkan kunci rumah yang telah selesai dibedah kepada seorang nenek bernama Sahrum, warga Jalan Veteran Gang H Asmuni RT 27 RW 02 No 96 Banjarmasin.

Seperti diketahui, program bedah rumah digalakkan Kolonel Inf M Syech Ismed sejak menjabat awal Januari 2019. Dia ingin Korem 101/Antasari membantu masyarakat kurang mampu agar bisa merenovasi rumah sehingga menjadi rumah layak huni.

Bahkan, ditargetkan setiap satu bulan ada satu rumah jadi sasaran bedah oleh prajurit TNI yang secara bergotong royong bersama masyarakat melaksanakan pembangunannya.
Di sisi lain, Direktur Human Capital dan CSR PT Antam Johan NB Nababan mengaku, program TNI sejalan dengan apa yang mereka lakukan, yakni membantu masyarakat kurang mampu yang membutuhkan melalui Program BUMN Hadir untuk Negeri.

"Perusahaan kami juga punya kewajiban berbuat untuk masyarakat melalui CSR. Jadi kami sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan di Banjarmasin ini. Kebetulan kami juga merayakan Hari Ulang Tahun ke-21 Kementerian BUMN," jelasnya.

Kegiatan bakti sosial kesehatan dan bazar murah yang digelar oleh Persit Kartika Chandra Kirana dan Korem 101/Antasari itupun mendapat apresiasi dari Paban V/Bhakti TNI Staf Teritorial TNI Angkatan Darat (Sterad) Kolonel Inf Yudianto Putrajaya.

"Terima kasih kepada kawan-kawan di Kalimantan Selatan yang terus menggelorakan semangat untuk mengabdi dan membangun bersama rakyat. Karena TNI Angkatan Darat akan terus bergerak berbuat untuk membantu masyarakat di seluruh wilayah tanah air," tandasnya.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019