Suasana Duta Mall Banjarmasin mendadak bergemuruh dengan teriakan yang menyebut "Jokowi" secara berulang-ulang. 

Kehadiran sang presiden RI di pusat perbelanjaan modern terbesar di Kota Seribu Sungai itu pada Rabu (27/3) malam, mengejutkan seluruh pengunjung hingga begitu heboh berebut berfoto.

Jokowi pun begitu ramah menyapa warga dan melayani permintaan "selfie" dari warga yang nampak terkejut atas kehadiran orang nomor satu di negeri ini.

"Alhamdulilah berkah saya dapat berfoto dengan Jokowi meski harus berjuang berdesakan tapi saya bersyukur dan puas," ucap Lisna, salah satu warga yang berhasil mendapatkan selfie bersama Jokowi.

 Permintaan untuk berfoto yang sangat tinggi dari masyarakat pun membuat Paspampres harus ekstra kerja keras mengawal sang presiden.

Meski begitu, tak ada sedikit pun arogansi yang nampak dari para prajurit TNI pilihan itu. Mereka sangat mengerti dengan gaya blusukan Jokowi yang selalu ingin dekat dengan rakyat. Dimana Jokowi merupakan sosok sederhana dari seorang pemimpin yang dicintai rakyatnya.

"Pak Jokowi memang berpesan kepada pengawal untuk memberikan ruang sebebasnya untuk masyarakat yang ingin mendekat. Namun yang penting, rakyat juga mengerti keamanan seorang presiden harus dijaga betul," terang Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir yang turut mendampingi capres petahana itu jalan-jalan ke Duta Mall.

Erick Thohir juga mengungkapkan, antusias masyarakat tersebut sangat wajar mengingat sosok Jokowi yang diidolakan rakyat dengan segala kesederhanaannya.

Kemudian juga masyarakat menilai apa yang sudah dibangun Jokowi sangat terasa di Kalimantan Selatan dan banyak daerah lain di luar Jawa.

"Ini wujud terima kasih rakyat juga untuk Jokowi. Dan sebaliknya, Pak Jokowi sangat peduli kepada rakyat dengan telah berbuat maksimal dan terbaik selama memimpin bangsa ini," jelasnya.
Di samping itu, jalan-jalan Jokowi ke pusat perbelanjaan yang kerap dilakukannya, ungkap Erick Thohir, capres nomor urut 01 itu ingin melihat langsung daya beli masyarakat.

"Pak Jokowi kan perlu relax juga jalan-jalan ke mall ataupun pasar tradisional. Beliau sekaligus juga ingin tahu apakah yang selama ini dibilang mall sepi, ternyata tetap ramai dan daya beli tinggi. Ini membuktikan kesejahteraan masyarakat bagus," tandasnya

Jokowi sendiri mengurungkan niatnya untuk berbelanja lantaran banyaknya pengunjung yang terus berebut untuk berfoto hingga ruang geraknya sangat terbatas.

Untuk menghindari hal-hal tak diinginkan terjadi, alhasil Jokowi hanya berputar satu kali dari lantai satu ke lantai dua. Kemudian balik lagi ke bawah untuk langsung menuju Hotel Mercure Banjarmasin tempatnya menginap.
Kepada wartawan, Jokowi yang pada Pemilu 2019 berpasangan dengan KH Ma'ruf Amin menyatakan optimismenya dapat meraih suara signifikan di Kalsel.

"Pada tahun 2014, kita dapat 49 persen.
Tahun ini Insya Allah antara 60 sampai 65 persen. Kalsel provinsi yang sangat religius, tentu saja kalau kombinasi ulama dan umara lebih bisa diterima," kata Jokowi yang didampingi tokoh muda Banua Mardani H Maming yang juga anggota TKN.

Diketahui jika Jokowi juga telah bertemu para tokoh agama, ulama dan tuan guru di Mercure Banjarmasin usai melaksanakan kampanye akbar di Stadion 17 Mei Banjarmasin dan menyapa generasi milenial dalam acara bertajuk "Kopdar with Jokowi" di Taher Square Banjarmasin.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019