Rantau, - Polsek Candi Laras Utara gandeng perusahaan pertambangan dalam membangun toilet berstandar sehat di pelosok desa yaitu di Desa Sungai Salai Hilir.

CLU Kapolsek, IPDA Indra Wahyu mengatakan pembangunan toilet berstandar sehat ini adalah salah satu upaya untuk melakukan terobosan dan pembangunan masyarakat di wilayahnya. "Pembangunan toliet ini dilatar belakangi karena kondisi Kecamatan CLU yang hampir 85% adalah sungai, maka masalah banyaknya jamban untuk MCK di bantaran sungai," katanya seusai melakukan peletakan batu pertama, Senin (25/3). Dijelaskan Kapolsek, selain soal banyakanya jamban di bantaran sungai jadi tidak sedap di pandang, kebiasaan masyarakat MCK di sungai jadi pencemaran sungai dan jadi sumber penyakit.CLU, IPDA Indra Wahyu mengatakan pembangunan toilet berstandar sehat ini adalah salah satu dalam upaya melakukan terobosan dan inovasi pembangunan publik di wilayahnya.

toliet ini dilatar belakangi karena kondisi geografis Kecamatan CLU yang hampir 85% adalah sungai, maka problem banyaknya jamban untuk MCK di bantaran sungai," ujarnya seusai melakukan peletakan batu pertama, Senin (25/3).

banyakanya jamban di bantaran sungai sehingga kurang sedap di pandang, kebiasaan masyarakat yang MCK di sungai sehingga menjadi pencemaran sungai dan jadi sumber penyakit.

"Faktanya masyarakat di sini banyak yang terserang diare, muntaber, dan penyakit kulit, hal ini karena kondisi air sungai yang kurang baik untuk kesehatan," katanya lagi.

Dikatakannya, salah satu upaya untuk menciptakan sungai yang bersih, maka dengan itu solusi yang tepat adalah menggunakan jamban ke daratan.

"Toilet yang kita bangun ini sangat berstandar sehat, karena selain bangunan yang nyaman, toilet ini juga akan dilengkapi dengan ledeng udara yang bersih dan tersedianya sabun cuci tangan," lanjutnya lagi.

Selain itu, bilik untuk pria dan wanita juga dipisah, dan juga toilet kebersihan akan terus di pantau oleh anggota Polsek CLU dan masyarakat sekitar.CLU dan masyarakat sekitar.

"Kami berharap toilet ini bisa menjadi proyek percontohan untuk desa-desa lainnya, sekarang tersedia yang disebut dana desa yang dapat digunakan pembangunan bermanfaat," harap Indra. Sebelumnya, Polsek CLU juga menyediakan terobosan inovasi seperti motor pintar, titian pintar, gerakan membaca 7 menit, serta pojok baca 7 menit di Polsek CLU.project untuk desa-desa lainnya, apalagi sekarang ada yang namanya dana desa yang bisa digunakan pembangunan bermanfaatseperti ini," harap Indra.

CLU juga memberikan terobosan inovasi seperti motor pintar, titian pintar, gerakan membaca 7 menit, serta pojok baca 7 menit di Polsek CLU.

 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019