Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, memberikan pelatihan ilmu jurnalistik ke pelajar Sekolah Menenagh Atas (SMA) sederajad sebagai tambahan ilmu keterampilan atau kegiatan mengelola bahan berita, mulai dari peliputan sampai pada penyusunan yang layak disebarluaskan kepada masyarakat secara rutin setiap hari.

Katuan PWI Cabang Tanah Bumbu, M. Fadli , di Batulicin, mengatakan kegiatan pembekalan ilmu jurnalistik kepada pelajar merupakan program pwi yang dilaksanakan setiap tahun.

"Selain memenuhi hak publik memperoleh informasi yang tepat, akurat, dan benar tugas PWI juga melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan publik serta memberikan ilmu kepada organisasi lain yang berkaitan dengan jurnalistik," katanya.

Dia mengatakan, memberikan pemahaman ilmu jurnalistik itu berarti sama dengan memberikan siswa kegiatan yang gemar membaca dan menulis sesuai minat dan bakatnya, agar wawasannya semakin luas selain ilmu yang diberikan di sekolah, serta kita harap bisa mengelola buletin sekolah nantinya.

Pembekalan ilmu jurnalistik difokuskan kepada para siswa kelas X, XI, karena massa sekolahnya masih panjang sehingga dalam melakukan buletin kelak akan lebih lama dan matang, sedangkan untuk kelas XI tidak bisa diganggu karena fokus dengan persiapan Ujian Nasional.

Dijelaskannya, buletin sekolah merupakan ajang hobby dan bakat serta kreatifitas yang dapat memeberikan wawasan karena para jurnalist kelak akan gemar membaca dan menulis.

Sementara itu kepala SMA N 1 Kusan Hilir, Agus Pramono menyambut dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan jurnalistik oleh PWI Tanah Bumbu.

"Terimaksih kepada rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam PWI Cabang Tanah Bumbu telah memberikan wawasan ilmu jurnalistik kepadapara siswa kami, semoga pelatihan ini dapat bermanfaat untuk siswa kita semua," katanya.

Kedepannya dengan sering dilakukannya pelatihan juenalistik para siswa mampu memilah informasiyang "hoax" atau informasi yang layak untuk disebarluaskan

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019