Forum Pengurangan Resiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim (FPRB-API)  Provinsi Kalsel menggelar rapat antar pengurus dan anggotanya untuk membahas Musyawarah Daerah (Musda) organisasi tersebut dijadwalkab 2 mei 2019.

Rapat dipimpin oleh H. Fakhruddin AM, Ketua FPRB-API yang berlangsung di Banjarbaru, Rabu.

Syahruddin, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana mewakili Kalak BPBD Prov Kalsel menginformasikan, menjelang Musda ada kegiatan nasional pada tanggal 26/04/19 Hari Kesiapsiagaan Bencana, yang akan diadakan apel akbar di halaman kantor gubernur diikuti oleh 2.000 orang dari berbagai instansi dan sukarelawan.

Apel Kesiapsiagaan Bencana ini juga dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia, baik instansi pemerintah maupun swasta.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginisiasi Hari Kesiapsiagaan Bencana dengan mengajak semua pihak meluangkan satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara seretak pada tanggal 26 April.

Inisiasi BNPB menjadikan tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana  tersebut bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana.

Musda FPRB-API Prov Kalsel ini bertujuan mengesahkan Statuta untuk memilih formatur atau pengurus FPRB periode tahun 2019-2022 yang menggantikan Pengurus sementara FPRB tahun 2018-2019.

FPRB adalah mitra BPBD nantinya akan beranggotakan berbagai Lembaga/Instansi Pemerintah dan swasta, LSM, Ormas atau individu-individu yang peduli terhadap upaya pengurangan risiko bencana dan bersedia menyumbangkan tenaga dan fikiran untuk menanggulangi bencana yg akan ditimbulkan akibat dampak perubahan iklim.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019