Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama Panitia Mesjid Agung Taqwa Kandangan melaksanakan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 Hijriyah, di Mesjid Agung Taqwa Kandangan.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan selamat datang kepada Rektor UIN Antasari Banjarmasin H.Mujiburrahman yang sudah berkenan hadir dalam peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

"Dengan peringatan Isra Mi’raj malam ini, kita berharap bisa memaknai untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, lebih khusus sejauhmana kita bisa terus menyempurnakan sholat, karena inti dari Isra Mi’raj yaitu perintah melaksanakan sholat," katanya, saat memberikan sambutan.

Dijelaskan dia, visi Pemkab HSS tahun 2018- 2023 yang ingin dicapai adalah untuk mewujudkan masyarakat HSS  yang Cerdas, Inovatif, Teknologis dan Agamis (CINTA) untuk menuju kebahagian dunia dan akhirat.

Peringatan Isra Mi'raj di Mesjid Agung Taqwa, Kandangan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Pemkab HSS terus giatkan gerakan Shalat Subuh berjamaah

Dikatakan juga konsekuensi dari visi tersebut Pemkab HSS telah mengambil kebijakan yaitu khusus yang berlaku di internal pemerintah daerah, bahwa tidak ada lagi kegiatan-kegiatan yang melewati batas waktu sholat, jadi sebelum batas waktu sholat semua kegiatan harus sudah selesai.

Dahulu saat adzan berkumandang kegiatan dihentikan untuk menghormati adzan, tetapi sekarang tidak  karena kalau sudah adzan berkumandang kegiatan dihentikan dan segera melaksanakan sholat berjemaah, inilah konsekuensi dalam upaya nyata untuk mencapai sejahtera dunia dan akhirat.

"Tahun ini akan dimulai pembangunan Islamic Center di HSS dan sedang dalam pemantapan, diharapkan  tiga sampai empat tahun ke depan HSS sudah punya pusat kegiatan islam yang diberi nama Islamic Center tersebut," katanya.

Dijelaskan dia, dengan terbangunnya Islamic Center tidak hanya merupakan bangunan monumental, tetapi sebagai simbol memasuki Kabupaten HSS adalah daerah agamais yang betul-betul diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Tausiyah agama disampaikan H.Mujiburrahman (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Ribuan jemaah hadiri HSS bersholawat bersama Habib Syech

Peringatan yang bertema “Sholat berjamaah membentuk pribadi disiplin dan istiqamah untuk kesejahteraan dunia dan akhirat", diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Qari H.Muhammad Abduh asal Banjarmasin.

Dilanjutkan dengan pembagian bingkisan oleh Ketua Pengurus Mesjid Taqwa Kandangan kepada jemaah yang paling rutin ikut sholat berjamaah di mesjid Taqwa Kandangan, serta tausiyah agama disampaikan Rektor UIN Antasari Banjarmasin H.Mujiburrahman.

Turut berhadir, Ketua DPRD HSS H.Akhmad Fahmi, Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri.Suhardi Aji Sriwijayanto, Pj Sekda HSS H.Hubriansyah, para kepala OPD HSS, Camat Kandangan Ronaldy Prana Putra, para pengurus Mesjid Taqwa Kandangan serta seluruh jemaah yang hadir.

Peringatan Isra Mi'raj di Mesjid Agung Taqwa, Kandangan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019