Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Pendidikan terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

Salah satunya bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara dengan menggelar workshop Adiresy Smart Teaching Indonesia kepada para guru se-HST di Pendopo Bupati HST, Senin.

Kepala Dinas Pendidikan HST H Riduan mengatakan, berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Misalnya pengembangan kurikulum nasional dan lokal,  pengadaan buku dan alat pelajaran, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan serta peningkatan manajemen sekolah.

"Workshop dilaksanakan selama 3 hari dan diikuti oleh para guru PAUD, TK dan SD," katanya.

Ditambahkannya, bahwa guru memegang fungsi dan peranan penting dan merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan.

"Guru sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar di ruang kelas. Karena menjadi kreator dan penentu dalam usaha terciptanya proses dan hasil belajar yang berkualitas serta berperan sebagai model bagi peserta didik," imbuhnya.

Riduan menambahkan, setelah mengikuti workshop, para guru diharapkan dapat menerapkan di sekolah masing-masing.

Sementara itu, perwakilan yayasan Pendidikan Adi Luhung Nusantara, Adi Irawan mengatakan, tujuan worrshop tersebut untuk meningkatkan mutu guru sebagai pendidik, agar memiliki kualitas pendidikan yang lebih baik.

"Guru harus mampu berimprovisasi untuk memberikan peserta didik yang menyenangkan. Bagaimana cara belajar tanpa merubah aturan baku yang ada," ujarnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019