Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru bertekad untuk meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan kesehatan di daerah-daerah, melalui peningkatan status Puskesmas terakreditasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, H Akhmad Rivai, Selasa mengatakan tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan dan program.

"Serta penerapan manajemen risiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi," katanya.

Dia menjelaskan, pendekatan yang dipakai dalam akreditasi Puskesmas adalah keselamatan dan hak pasien dan keluarga, dengan tetap memperhatikan hak petugas. Prinsip ini ditegakkan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan keselamatan pelayanan.

Selain itu, prinsip dan dasar yang ditetapkan dalam Sistem Kesehatan Nasional yang menggarisbawahi soal hak asasi manusia dan responsif gender, juga dipakai dalam standar akreditasi Puskesmas ini untuk menjamin bahwa semua pasien mendapatkan pelayanan dan informasi yang sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasien, tanpa memandang golongan sosial, ekonomi, pendidikan, jenis kelamin, RAS, maupun suku.

Rivai mengemukakan, dalam menindaklanjuti Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2015 dan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dasar secara berkesinambungan maka Puskesmas wajib terakreditasi.
Oleh karena itu periode 2019 Pemkab Kotabaru di bawah kepemimpinan H. Sayed Jafar akan menuntaskan 100% semua Puskesmas terakreditasi.

Dari 28 Puskesmas yang ada hingga pada tahun 2018 sudah terakreditasi sebanyak 18 Puskesmas terdiri dari 10 Puskesmas status Akreditasi Dasar; 7 Puskesmas status Akreditasi Madya, dan 1 Puskesmas status Akreditasi Utama.

"Sehingga periode 2019 akan dituntaskan sebanyak 10 Puskesmas terakreditasi," jelasnya.

Dari 10 Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Gunung Batu Besar; Puskesmas Rawat Inap Sampanahan; Puskesmas Perawatan Tamiang Geronggang; Puskesmas Pudi; Puskesmas Rawat Inap Banian; Puskesmas Tanjung Samalantakan; Puskesmas Pamukan II; Puskesmas Tanjung Selayar; Puskesmas Rawat Inap Lontar; dan Puskesmas Marabatuan.

 

Pewarta: Ih

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019