Tercatat ada 108 jamaah Haul Ke-14 Guru Sekumpul yang melakukan cek kesehatan di Posko Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Kalimantan Selatan.

"Dari catatan kami, paling banyak jamaah mengeluhkan nyeri kepala atau sakit kepala sebanyak 43 orang," terang Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim.

Selain sakit kepala atau dalam istilah medisnya Cephalgia, banyak juga jamaah didiagnosa hipertensi atau tekanan darah tinggi serta keluhan nyeri pada lambung atau sakit maag.
Petugas medis yang berjaga pun memberikan penjelasan dan pemahaman tentang kondisi kesehatan jamaah yang berobat sehubungan tentang penyakitnya serta edukasi agar kedepannya bisa mengetahui dari segala gejala penyakit yang menyerang.

Diungkapkan Erwinn, kelelahan atau Fatique yang dialami para jamaah juga jadi pemicu keluhan rasa sakit dari kondisi tubuh yang kurang fit tersebut.

"Ada beberapa jamaah yang sempat kita pasangkan tabung oksigen untuk alat bantu pernapasan karena kondisinya sangat drop akibat kelelahan. Alhamdulilah semua tertolong dan dapat pulih kembali," beber dokter berpangkat melati tiga di pundak ini.
Dalam bantuan pengamanan kesehatan sendiri, Bid Dokkes Polda Kalsel mengerahkan sebanyak 48 personel yang di tempatkan pada Posko-Posko Kesehatan Haul Ke-14 Guru Sekumpul.

Adapun titik titik Posko Kesehatan Polda Kalsel berada di Pos Lantas Simpang 4 Sekumpul, Posko Apotek Bunda Sei Kacang, Posko Jembatan Sei Paring Islamic Center, Posko depan Mushola Al Raudlah, Posko Kesehatan Pos Lantas simpang 4 Banjarbaru dan Posko Simpang 3 Trikora Banjarbaru.

Personel Bid Dokkes Polda Kalsel yang juga dibantu petugas medis Rumah Sakit Bhayangkara Hugeng Imam Santoso Banjarmasin juga melakukan patroli ke 99 titik posko kesehatan gabungan yang ada.
Erwinn sebagai penanggung jawab, dibantu Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Hugeng Imam Santoso Banjarmasin AKBP dr Bambang Pitoyo sebagai ketua pelaksana yang bahu membahu memimpin personel kesehatan Polri di lapangan selama prosesi rangkaian haul berlangsung di Sekumpul, Kota Martapura, Kabupaten Banjar.

Sedangkan pada puncak haul yang dilaksanakan Minggu (10/3) malam, Erwinn pun memimpin pembagian buku yasin, makanan dan tisu kepada para jamaah.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019