Pelaihari,- Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta bersama ratusan umat Hindu Desa Tajau Pecah menghadiri upacara Tawur Agung Kesanga merupakan rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Saka Warsa 1941, di halaman Sekretariat Lembaga Adat Banjar Sukasari, Desa Tajau Pecah,  Kecamatan Batu, Rabu (6/3).


Ketua Adat Desa Banjar Sukasari Kade Nadre mengatakan, prosesi Tawur Agung Kesanga merupakan upacara yang digelar umat Hindu sehari menjelang perayaan Nyepi.

"Upacara ini berdasarkan pada konsep ajaran Tri Hita Karana untuk  menyelaraskan hubungan dengan tiga elemen, manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam semesta,”ujarnya.

Tawur Agung Kesanga sendiri, jelas dia, bertujuan untuk membersihkan dan mewisuda bumi sebelum Nyepi, dimana umat Hindu akan melaksanakan tapa brata penyepian.

Dalam upacara tersebut, ungkap dia, dilakukan tari-tarian, arak-arakan ogoh-ogoh, setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan dari berbagai pihak.

Sementara itu,  Bupati Tanah Laut H Sukamta mengucapkan Selamat Hari raya Nyepi bagi seluruh umat Hindu di Tanah Laut.

“Semoga di tahun Baru Nyepi 1941 Tuhan memberikan keberkahan kepada kita semua” ujarnya.

Dia menambahkan, kerukunan umat beragama di Tanah Laut luar biasa sangat rukun, mesikpun masalah politik sudah menyeret-nyeret agama.

“Di Tanah Laut  kondisi umat beragama sangat baik, semuanya bisa beribadah dengan tenang,”tandasnya.

Usai peringatan Tawur Agung tersebut, Bupati Tanah Laut H Sukamta  menyerahkan secara simbolis alat untuk kremasi jenazah kepada para tetua Adat Desa Banjar Sukasari.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019