Peringatan hari raya Nyepi umat Hindu di Desa Labuhan Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) akan mendapatkan pengamanan 24 jam dari jajaran Babinsa Koramil 1002-01/Birayang.

"Malam ini kita mulai melakukan mengamankan sembahyang Tilem umat Hindu di Balai Pawanangan Desa Labuhan," kata Danramil 1002-01/Birayang Kapten Inf Rudi Hartono, Rabu (6/3) di Birayang.

Berikutnya, besok Kamis (7/3) puncak acara hari raya nyepi akan dilakukan pengamanan dari pagi hingga malam hari.

Hari raya nyepi Tahun Baru Saka 1941 atau Tahun 2019 kali ini mengangkat tema melalui catur brata penyepian, kita sukseskan Pemilu 2019.

Kegiatan malam ini diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan acara Dharma Wacana yang dipimpin oleh Susi S Ag. Berikutnya yaitu sembahyang Tilem yang dipimpin oleh seorang Pemangku yang bernama Romansyah.

Jemaat umat hindu yang mengikuti kegiatan malam ini adalah sebanyak 75 orang.

Danramil menyampaikan bahwa kegiatan pengamanan dilakukan oleh anggotanya Serda Wahyu Arif Sasmito dan Serda Samsul Rizal.

"Hal ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Hindu yang merayakan Hari Raya Nyepi pada tahun ini," ujarnya.

Lebih lanjut Rudi menjelaskan, bahwa kegiatan pengamanan dilakukan selama 1 x 24 jam. Jadi secara bergiliran anggotanya akan melaksanakan pengamanan di tempat peribadatan umat Hindu.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019