Tanjung - Bupati Tabalong Anang Syakhfiani meresmikan proyek pemeliharaan berkala jalan di Kecamatan Muara Uya yang dibangun melalui Dana Insentif Daerah 2018.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat Noor Rifani menyampaikan proyek jalan yang diresmikan termasuk Jalan Taratau - Namun Kecamatan Jaro sepanjang 4 kilometer.

"Pemeliharaan berkalan jalan di Kecamatan Muara Uya dan Jaro telah rampung dan warga bisa memeliharanya agar umur pakai bisa lebih panjang," jelas Rifani.

Khususnya ruas jalan di Desa Simpung Layung - Santuun sepanjang 5 kilometer dengan tonase 5 - 7 ton bisa dimanfaatkan dengan baik.

Pemeliharaan berkala jalan di Kecamatan Muara Uya lainnya yang menggunakan dana insentif daerah Santuu Tohe - Danau 3,8 kilometer dan Lumbang - Randu 5 kilometer.

Peresmian proyek jalan ini ditandai pemotongan pita oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani didampingi Camat Muara Uya Abdul Halim, Kapolsek, Kadis PUPR Noor Rifani, tokoh masyarakat dan pemuda di Kecamatan Muara Uya.

"Dana insentif daerah kita peroleh sebagai reward karena terbaik dalam laporan keuangan daerah dan digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan," jelas Anang.

Dari total DID sebesar Rp50 miliar pada tahun anggaran 2018 diantaranya untuk pemeliharaan berkalan jalan di Kecamatan Muara Uya dan Jaro serta sejumlah kecamatan lainnya.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Tabalong Thomas Sigit menjelaskan dari DID Rp50 miliar juga digunakan untuk pembangunan sektor lain selain infrastruktur jalan dan jembatan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019