Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2019, Bupati Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, H Ansharuddin pimpin aksi bersih-bersih di lingkungan ibukota kabupaten setempat, Paringin, Kamis (28/2).

Aksi tersebut, dilaksanakan bersama para Aparatur Sipil Negara, Anggota TNI Kodim 1001/Amt-Balangan dan Polri, pihak perusahaan, komunitas pemuda, sekolah Adiwiyata serta masyarakat.

Menurut Bupati, bersih-bersih lingkungan bersama tersebut, sekaligus untuk mengedukasi para peserta agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

Bupati berharap, setiap warga peduli terhadap kebersihan lingkungan nya masing-masing, dimulai dari membuang sampah rumah tangga ditempatnya dan menjaga lingkungan di sekitar pemukimannya.

"Jika semua orang memiliki kesadaran dan kepedulian, minimal dimulai dari lingkungan tempat tinggalnya, InsyaAllah Kabupaten Balangan akan terbebas dari sampah," katanya.

Menurut dia, kendati para Pejuang Kebersihan (petugas kebersihan) tidak pernah absen untuk melaksanakan tugasnya setiap hari, akan tetapi tetap saja sampah-sampah berhamburan.

Ia berharap, Kabupaten Balangan dalam waktu dekat akan menjadi kota yang bebas sampah plastik, apalagi di berbagai tempat, mulai dari pemukiman, pasar, taman hingga wilayah yang sering dikunjungi warga, sudah terdapat tempat-tempat sampah khusus.

"Tanamkanlah budaya bersih dan kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya dimulai dari diri kita masing-masing, sehingga nantinya kebersihan bukan lagi hal yang harus diciptakan, akan tetapi menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan dalam kehidupan sehari-hari," imbaunya.

Apalagi kebersihan, dalam ajaran agama Islam merupakan sebagian dari iman. Selain itu lanjutnya, kebersihan dapat menciptakan suasana nyaman, serta sehat bagi masyarakat.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019