Program Universal Health Coverage (UHC) Pemerintah Kabupatan Balangan yang merupakan capaian Cakupan Kesehatan Semesta dengan memaksimalkan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) program BPJS kini menjadi perhatian banyak pihak. 

Perhatian tesebut antara lain disampaikan Komisi I DPRD Kabupaten Tabalong yang berkunjung ke Dinas Kesehatan Balangan pada  Selasa (15/1/2018)  untuk mempelajari program tersebut dan pelaksanaannya di masyarakat.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Tabalong Hj Mursidah yang memimpin langsung kunjungan kerja mengungkapkan, maksud dari kunjungan ini untuk melaksanakan koordinasi dan konsultasi terkait kepesertaan BPJS.

"Kabupaten Balangan merupakan kabupaten pertama di Provinsi Kalimantan Selatan yang berhasil mendapatkan UHC Award dari Presiden yang diserahkan oleh Kemendagri. Kami melihat banyak masyarakat yang dapat merasakan langsung manfaatnya," ungkapnya.

Menurut dia, sampai saat ini, Kabupaten Tabalong belum mencapai UHC, sehingga DPRD Kabupaten Tabalong melaksanakan kunjungan kerja yang hasilnya nanti akan diaplikasikan di daerah mereka, untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Seperti diketahui, sesuai Visi dan Misi Pemerintahan yang dipimpin oleh Bupati Balangan, H Ansharuddin,  program kesehatan masyarakat, ini adalah tahun ketiga upaya pemerintah untuk menjaminkan masyarakat melalui program jaminan kesehatan.

Penerima Penghargaan UHC Award Pertama Di Kalsel

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Balangan, telah berupaya memaksimalkan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) melalui anggaran APBD, namun sejak 1 Januari 2018, Pemerintah Kabupaten Balangan telah berhasil memfasilitasi warganya untuk menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Sejak April 2018 telah sebanyak  78.729 orang masyarakat Balangan telah mendapatkan kartu KIS dan pada akhir 2018 meningkat menjadi  80 ribu orang lebih pemegang kartu KIS.

Keberhasilan Pemkab Balangan  mencapai Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan semesta ini diganjar penghargaan UHC Award bersama 92 Kabupaten, 28 Kota, dan 4 Provinsi di Indonesia, yang diserahkan secara simbolis oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Istana Negara. Penyerahan dilanjutkan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta, Rabu (23/5/2018) lalu. 

Ansharuddin "Si Penjamin Kesehatan Gratis"

Selain itu, Bupati Balangan, H Ansharuddin juga mendapatkan  penghargaan Antara Kalsel Award 2018, yang merupakan rangkaian peringatan hari jadi Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara ke 81, yang jatuh pada 13 Desember 2018 lalu. 

Penghargaan Antara Kalsel Award 2018, diserahkan oleh Direktur Utama LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat, Rabu 9 Januari 2019, di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, dan Bupati Balangan, H Ansharuddin diberi julukan, "Si Penjamin Kesehatan Gratis".

Disampaikan Dirut LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat pada rangkaian kegiatan Antara Kalsel Award 2018, bahwa penghargaan yang diberikan tersebut bukan merupakan penilaian kinerja ataupun penilaian prestasi semata.

Melainkan sebagai salah satu penghargaan terhadap kinerja yang telah dicapai dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia dari wilayah Kabupaten/kota dan lingkupnya masing-masing.

Dengan jaminan kesehatan tersebut, kini masyarakat Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, bisa merasakan secara langsung manfaatnya guna upaya kesehatan hingga kesembuhan penyakit yang diderita.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019