Pimpinan Lembaga Pelatihan Kerja Sentra Mitra Karya (LPK Semitra) Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara Khairunnisa berharap pemerintah daerah melalui instansi terkait bisa mendampingi lulusan pelatihan kerja agar mandiri dan berkembang dalam menerapkan ilmu dan skill yang diperoleh selama pelatihan.

"Berdasarkan pantauan kami, warga yang mengikuti pelatihan kerja LPK Semitra diantaranya sudah mulai mandiri menjalankan usahanya, kita berharap pemerintah daerah bisa turut mendampingi mereka agar bisa berkembang menjalankan usahanya," ujar Khairunnisa di Amuntai, Rabu.

Khairunnisa mengatakan, melalui kegiatam pelatihan kerja yang diselenggarakan LPK Semitra bekerja sama dengan pemerintahan desa, berupaya agar lulusan pelatihan bisa menerapkan pengetahuan dan skill yang diperoleh dengan membuka usaha sendiri atau bekerja dengan orang lain.

"Kami ingin memastikan agar peserta pelatihan LPK Semitra bisa menguasai materi yang diberikan dalam pelatihan dan menerapkannya," tandasnya.

Dikatakan, pelatihan yang dilaksanakan LPK Semitra siap menyediakan sarana peralatan praktek latihan kerja apabila desa membutuhkan. Selain itu pihak LPK juga bisa membantu praktek magang yang semuanya bertujuan agar peserta pelatihan mampu mandiri bekerja dan membuka usaha sendiri.

Sesuai tujuan pelatihan kerja LPK Semitra yang berkeingingan meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui peningkatan sumber saya manusia dengan mengikuti pelatihan kerja.

Pada sosialisasi peningkatan kualitas dan produktivitas SDM bidang pelatihan  keterampilan di Kecamatan Danau Panggang, pihak LPK Semitra memperkenalkan berbagai jenis jurusan pelatihan yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan didesa agar usahanya nanti bisa berkembang.

Pemerintahan desa bisa mengalokasikan anggaran untuk pelatihan di Anggaran Pendapatan dan Belanjan Desa (APBDes) termasuk pada komponen dana desa.

Pengalokasian dana desa, menurut Khairunnisa, tidak selalu untuk pembangunan sarana fisik dan infrastruktur didesa, melainkan bisa pula untuk pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pelatihan kerja.

Diinformasikan sebanyak 51 desa yang sudah  bekerja sama dengan pihak LPK Semitra Amuntai sejak 2017 menggunakan dana desa.

Kasi Pelayanan, Perekonomian dan Kesejahteraan Sosial Kecamatan Danau Panggang H. Nanang Zainudin juga berharap hasil pelatihan bisa berdampak melahirkan komunitas usaha tertentu sehingga lambat laun di Kecamatan Danau Panggang terbentuk sentra usaha-usaha dan kerajinan.

"Kecamatan Danau Panggang saat ini hanya memiliki satu sentra usaha pembuatan kue di Desa Panangah," kata Nanang.

Ia menyambut gembira adanya program pelatihan kerja yang ditawarkan oleh LPK Semitra untuk bermitra dengan pemerintahan desa dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat sehingga meningkat kesejahteraannya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019