Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Badan Kesbangpol setempat membentuk gugus tugas gerakan nasional revolusi mental yang melibatkan banyak pihak dan rapat pertama mengenai keinginan tersebut berlangsung di balaikota Banjarmasin, Rabu dan dipimpin Kepala Badan Kesbangpol Kasman. (Antaranews Kalsel/Hasan Zainuddin)


Dalam rapat yang dihadiri puluhan anggota tersebut, Kasman memaparkan mengenai apa dan bagaimana tugas gerakan nasional revolusi mental dimaksud.

Menurutnya untuk mencapai apa yang diiinginkan tersebut memerlukan waktu sangat panjang dan diharapkan itu bisa tercapai jika dilakukan serius dan bertahap.

Makanya dalam gerakan tersebut akan dibentuk susunan gugus tugas gerakan seperti gerakan Indonesia melayani, gerakan Indonesia bersih, gerakan Indonesia tertib, gerakan Indonesia mandiri serta gerakan Indonesia bersatu.

Antar susunan gugus tugas itu akan diketuai seorang ketua gerakan yang akan menyusun berbagai program sesuai dengan gerarakan apa, kata Kasman yang didampingi pejabat Badan Kesbangpol lainnya, Budiono dan Didiet.

Apa yang dimaksud revolusi mental, kata Kasman berdasarkan dipinisinya adalah gerakan untuk mengubah cara pandang,cara pikir,sikap,perilaku,dan cara kerja bangsa Indonesia untuk mengacu nilai-nilai integritas,etos keras, dan gotong royong berdasarkan Pancasila yang berorientasi pada kemajuan,gara Indonesia menjadi negara yang maju, modern, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Dengan kata lain dapat disebut sebagai Gerakan Hidup Baru Bangsa Indonesia yang bertumpu pada tiga nilai-nilai dasar, integritas, etos kerja, dan gotong royong.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019