Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Dinas Sosial Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan memberikan bantuan enam buah perahu mesin bagi keluarga kurang mampu  untuk dijadikan alat transportasi susur sungai mendukung pariwisata.

Kepala bidang pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin, Faturrahman di Amuntai, Selasa mengatakan, bantuan sosial berupa perahu mesin untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga penerima manfaat.

"Seiring rencana Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata mengembangkan destinasi wisata susur sungai kami harapkan nelayan yang menerima bantuan perahu mesin bisa memanfaatkan perahu untuk alat transportasi wisata susur sungai," ujar Fatturrahman.

Fatturahman mengatakan, kebijakan memanfaatkan bantuan perahu mesin untuk kegiatan wisata susur sungai tersebut sesuai arahan Bupati HSU yang ingin memberdayakan masyarakat dalam program pariwisata.

Ia menjelaskan, kepala daerah ingin berbagai SKPD terkait bekerja sama dalam membangun sektor kepariwisataan seperti yang sudah dilakukan Dinas sosial melalui bantuan perahu mesin.

Faturrahman menambahkan, SKPD yang diharapkan berperan dalam pengembangan wisata susur sungai selain Dispopar adalah Dinas Perhubungan dan BPBD. 

"Kalau kebijakan di provinsi, Dinas Perhubungan yang menyediakan kapal wisata untuk susur sungai, sedang kami di dinas sosial memberi bantuan perahu mesin hanya bertujuan meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat," terangnya.

Faturrrahman berharap keluarga penerima manfaat bisa menggunakan perahu mesin untuk menunjang kegiatan wisata susur sungai pada hari-hari tertentu untuk menambah penghasilan.

Kasi pengelolaan data dan penanganan fakir miskin Muhammad Zaky Mubarak menambahkan, bantuan perahu mesin berasal dari dana APBD melalui program peningkatan kualitas pelayanan sarana dan prasarana rehabilitasi sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial.

"Bantuan juga diberikan untuk nelayan tangkap, seperti tahun-tahun sebelumnya, jika nelayan lebih membutuhkan alat tangkap ikan diberikan alat tangkap ikan seperti  temburu dan tempirai, tapi jika nelayan belum memiliki perahu maka perahunya saja yang kami bantu," jelasnya.

Adapun keenam kepala keluarga penerima manfaat yang menerima bantuan perahu mesin atas nama Aguslianor, Sugiannor dan Badriansyah, ketiganya merupakan warga Rt.9 Kelurahan Paliwara.

Juga ada dua orang warga Kelurahan Murung Sari atas nama Syaiful Anwar dan Armansyah dan satu warga Palampitan Hulu atas nama Fahrul.

Penyerahan bantuan perahu mesin dari Dinsos ini diserahkan langsung oleh Bupati HSU Abdul Wahid pada apel peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Halaman Kantor Pemkab HSU, Senin.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019