Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Sebanyak 72 mahasiswa dari empat sekolah tinggi di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan mendapatkan bantuan pendidikan  beasiswa dari Badan amil zakat infaq dan sodaqoh (Baznas) sejak 2017.

Kepala Baznas Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Tajuddin Noor di Amuntai, Kamis mengatakan, dana beasiswa yang diberikan berasal dari Baznas Pusat dan Daerah.

"Bantuan beasiswa dari Baznas Pusat disalurkan pada 2017 untuk 40 orang mahasiswa masing-masing sebesar Rp10 juta," ujar Tajuddin.

Tajuddin mengatakan, bantuan beasiswa selanjutnya diambil dari anggaran Baznas Kabupaten HSU pada 2018 disalurkan untuk  12 orang masing-masing Rp4 juta. Sedangkan 2019 sebanyak 20 orang masing-masing Rp4,2 juta.

Saat ini, katanya bantuan beasiswa dari Baznas Provinsi Kalimantan Selatan yang belum disalurkan di KabupatennHSU.

Dijelaskan, mahasiswa yang sudah mendapatkan bantuan beasiswa tahun sebelumnya tidak mendapatkan lagi beasiswa selanjutnya sehingga mahasiswa dari kurang mampu lainnya juga bisa menikmati bantuan beasiswa Baznas.

"Kita sendiri yang mendata langsung mahasiswa dari keluarga kurang mampu sehingga di satu sekolah tinggi ada yang banyak mahasiswanya mendapat bantuan beasiswa sedang di sekolah tinggi lain hanya sedikit yang menerim beasiswa kita," terangnya.

Mahasiswa yang dibantu berasal dari sekolah tinggi yang ada di Kota Amuntai seperti Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper), Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA), Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur'an (STIQ) dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rakha Amuntai.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019