Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad melakukan peninjauan langsung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Malutu, Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS  dengan PT Antang Gunung Meratus (AGM) sudah berkoordinasi dan menyiapkan satu lahan baru yang mana tempat itu lebih ideal, baik dari sisi sarana, prasarana, tempat dan lainnya.

"Berdasarkan evaluasi penyebab pada tahun 2018 HSS tidak mendapat penghargaan Adipura, salah satu hal penyebabnya masalah TPA HSS yang kapasitasnya kecil dan ada permasalahan tekhnis lain yang mempengaruhinya sehingga belum bisa mendapat penghargaan Adipura," katanya.

Peninjauan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Dua ikon baru HSS hadir sambut pergantian tahun

Dijelaskan dia, memang lahan baru dalam proses penilaian P2 nya masih belum bisa difungsikan dan dimanfaatkan sehingga sampah terpaksa menumpuk di lokasi TPA yang lama, dan menurut dia jika kondisi ini terus seperti ini maka Adipura yang selanjutnya pun akan sulit untuk didapatkan.

Wabup HSS  berpesan kepada seluruh warga HSS agar selalu tetap menjaga kebersihan, dan pihaknya optimis dan yakin Kabupaten HSS akan mendapatkan kembali penghargaan Adipura di tahun 2019.

Ia bersama rombongan juga meninjau lokasi TPA yang baru dengan luas kurang lebih 10 hektar,  TPA baru ini sekitar dua atau tiga bulan kedepan sudah bisa di operasikan serta menjadi solusi atas persoalan yang ada pada TPA sebelumnnya.

Peninjauan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Taman Palidangan Sehati raih penghargaan tingkat Nasional

Peninjauan yang dilakukan Wabup HSS menindaklanjuti hasil rapat bersama leading sektor terkait tentang program yang akan dilakukan Pemkab HSS terkait penilaian Adipura tahun 2019.

Turut berhadir dalam peninjauan, Penjabat Sekretaris Daerah H.Hubriasyah, Kepala Bagian Hukum Zaini Fahry, Kepala Dispera KPLH HSS H. M.K. Saputra, Plt. Kepala Dinas PUTR Tedy Soetedjo dan Kepala Bapelitbangda HSS H. Iwan Friady.

Peninjauan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019