Cirebon tuan rumah hari peduli sampah nasional

Kamis, 14 Februari 2019 5:37 WIB

Cirebon (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, menyambut baik rencana Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK) yang akan menggelar Hari Peduli Sampah tingkat Nasional di Kota Udang tersebut.

"Hari Peduli Sampah tingkat Nasional akan dilaksanakan di Kota Cirebon dengan titik berat di pantai. Kami tentu menyambut baik rencana ini sebagai momentum menuju Cirebon bersih, hijau dan rapi," kata Wakil Wali Kota CIrebon Eti Herawati di Cirebon, Rabu.

Hari Peduli Sampah itu, kata Eti, akan dilaksanakan di Pelabuhan Kota Cirebon tanggal 15 Februari mendatang karena persoalan sampah menjadi krusial di Kota Cirebon yang sedang menggulirkan pengembangan pariwisata.

Menurut dia, dengan kondisi wilayah Kota Cirebon yang bersih, itu bisa sejalan dengan visi, misi dan target Gubernur Jabar yang menjadikan Kota Udang gerbang pariwisata Jabar.

"Kota Cirebon harus menjadi wilayah yang bersih sehingga para wisatawan merasa betah dan nyaman," ujarnya.

Eti mengatakan persoalan sampah ini harus mendapat perhatian semua pihak. Masyarakat menjadi penentu untuk menjaga lingkungan tetap bersih.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon Abdullah Syukur mengatakan pihaknya menyambut baik rencana kementerian Lingkungan Hidup yang akan melaksanakan agenda peringatan Hari Peduli Sampah tingkat Nasional di Kota Cirebon.

Karena dengan adanya agenda tersebut akan memberikan semangat bagi Pemerintah Kota Cirebon untuk menjaga kebersihan.

"Rencananya Hari Peduli Sampah akan dihadiri Menteri LHK, Siti Nurbaya. Persoalan sampah memang harus menjadi pekerjaan semua pihak," katanya.

Syukur mengatakan peringatan mengambil titik berat ke pantai, karena masih banyak sampah yang ada di kawasan tersebut. Sampah masih banyak ditemui di pantai terutama sampah rumahtangga berupa plastik.

Keberadaan sampah tersebut berasal dari pembuangan masyarakat sekitar, terbawa aliran sungai atau terbawa ombak dari laut lepas.

"Tentu sampah akan mengganggu ekosistem  lingkungan. Kami mengajak semua pihak untuk menjaga lingkungan termasuk pantai," ujarnya.

Baca juga: Pengelolaan sampah terpadu ubah perilaku warga
Baca juga: Warga diimbau kurangi penggunaan kantong plastik
 

Editor: Dewanti Lestari

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019

Terkait

Bank Kalsel dukung pengelolaan lingkungan hidup

Jumat, 24 Februari 2023 17:18

HST peringati Hari Sampah Nasional

Selasa, 22 Februari 2022 7:45

Bupati Balangan Bersih-bersih Lingkungan

Jumat, 1 Maret 2019 8:05

Batola Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Rabu, 21 Februari 2018 15:00

Hari Peduli Sampah Nasional

Rabu, 21 Februari 2018 14:15

MEMPERINGATI HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL

Selasa, 28 Februari 2017 12:07

HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL 2017

Senin, 27 Februari 2017 8:09
Terpopuler