Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar Wisuda ke-90 untuk 1.793 lulusan pada Selasa (12/2) di Auditorium ULM di Banjarbaru.

Penggunaan auditorium yang megah hasil proyek dana dari Islamic Development Bank (IDB) untuk pembangunan 12 gedung baru itupun jadi istimewa dan bersejarah, karena untuk pertama kalinya ULM menggelar wisuda di gedung milik sendiri.

"Cita-cita yang sudah lama diimpikan kini menjadi kenyataan, setelah berdiri 60 tahun akhirnya ULM memiliki auditorium sendiri, tidak lagi menyewa gedung orang untuk wisuda," kata Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi dalam sambutannya.
Sutarto menyatakan, 2018 dilewati dengan penuh prestasi bagi sivitas akademika ULM. Dimana capaian paling membahagiakan adalah telah selesainya pembangunan 12 gedung baru proyek Islamic Development Bank (IDB) 7 in 1.

"ULM telah bertransformasi menjadi universitas yang terkemuka dan berdaya saing menjadi kebanggaan masyarakat Kalsel dan Indonesia pada umumnya," tutur sang rektor.
Pada kesempatan itu, Sutarto juga berpesan agar semangat pemuda yang berjuang untuk kedaulatan bangsa dan negara pada peristiwa tahun 1966 yang menewaskan mahasiswa ULM kala itu Hasanuddin HM (gugur sebagai pahlawan Ampera), terus menggelora dalam dada setiap sivitas akademika ULM serta jadi suri tauladan setiap alumni.

"Dengan ilmu pengetahuan, keterampilan dan wawasan yang dimiliki kita tunjukkan pada dunia, inilah alumni ULM yang akan mengubah dunia menjadi lebih baik, damai, sejahtera, adil dan beradab. Alumni ULM adalah agen perubahan di tengah masyarakat," pungkasnya.
Prosesi wisuda sendiri dilaksanakan dua sesi, yakni pagi dan siang hari mengingat banyaknya jumlah lulusan. Dimana Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) paling banyak meluluskan mahasiswanya yang mencapai 1.168 orang.

Adapun wisudawan terbaik yang dinilai berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diraih Ratna Purwanti dengan IPK 4,00 dari Program Magister Pendidikan Guru PAUD, Al Arofatus Naini dengan IPK 3,8 dari Program S1 Kimia serta untuk Program Diploma III (D3) diraih Mira Rabiatul Adawiah dengan IPK 3,68 dari Program Studi D3 Akuntansi.

Piagam penghargaan diserahkan Rektor didampingi Ketua Senat Universitas Prof Dr Gusti Muhammad Hatta dan Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Aminuddin Prahatama Putra.  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019