Kandangan,  (Antaranews Kalsel)  - Dinas Pendidikan dan Dewan Kesenian Hulu Sungai Selatan(HSS) menggelar malam pentas seni kreativitas maraga,  mausung banua tahun 2019, bertempat di panggung terbuka Darmansyah Zauhidie, belakang Gedung MTQ.

Ketua STKIP PGRI Banjarmasin Abidinsyah, di Kandangan,  mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bupati HSS, karena selama ini sangat mendukung dengan kemajuan dunia pendidikan dan kegiatan seni dan budaya.

Baca juga: HSS telah miliki 15 armada angkutan pelajar

"Dukungan ini adalah merupakan suatu dorongan bagi penggiat seni untuk terus mengembangkan kreativitasnya dalam memajukan seni dan budaya, khususnya di Kabupaten HSS," katanya, Sabtu (9/2).

Dijelaskan dia,  kegiatan ini diisi dengan penampilan ragam tarian kreasi yang mengusung tentang budaya lokal di Kabupaten HSS, seperti tari membuat Lamang, tari bamandi mandi bagi orang batianan atau hamil dan tarian lainnya.

Tarian tersebut  dibawakan mahasiswa-mahasiswi STKIP PGRI Banjarmasin, dan berkolaborasi dengan Dewan Kesenian HSS yang menampilkan kreasi tari dari Posko La Bastari Kandangan dan Sanggar Karamunting Kandangan.

Baca juga: HSS gelar pameran dan pertunjukan seni siswa SLTA

Pada kesempatan ini,  turut pula diserahkan penghargaan kepada para narasumber penggalian tari tradisional di Kabupaten HSS, penghargaan sendiri diserahkan oleh Ketua STKIP PGRI Banjarmasin, yang salah satu penerimanya adalah Bupati HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan terima kasih kepada pihak STKIP PGRI Banjarmasin yang telah mengadakan kegiatan kali ini, diharapkan kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan,  dan para penggiat seni budaya khususnya bidang tari, diharapkan agar bisa terus melestarikan seni tari di HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019