Martapura, (Antaranews Kalsel) - Ribuan jemaah mengenakan busana yang didominasi warna putih menghadiri Haul ke 50 Syaikh H Muhammad Sya’rani Arif di kubah Desa Melayu Tengah Kecamatan Martapura Timur, Rabu.

Bupati Banjar KH Khalilurrahman bersama para Habib duduk bersama dengan para Jamaah haul. Ribuan Jamaah terlihat duduk memenuhi kubah KH Anang Sya’rani Arief serta memadati halaman kubah, bahkan memanjang di sepanjang jalan Melayu, mereka tampak duduk khusyu’ mengikuti rangkaian haul yang diawali pembacaan Surah Yaasin, tahlil serta Maulidul Rasul.

Pembacaan Kalam Ilahi dilakukan oleh H Syamsudin, dilanjutkan pembacaan manakib KH Anang Sya’rani Arif oleh cucu beliau Muhammad Itqon.

Dalam manaqibnya disampaikan, Syaikh Muhammad Sya’rani Arif yang akrab dengan panggilan Tuan Guru Anang Sya’rani semasa muda bersama KH Syarwani Abdan. Dia belajar ke Mekkah. Mutiara dari Banjar ini dikenal ahli hadits sehingga diberi gelar Muhadist. Dia merupakan pemimpin urutan ke lima di PP Darussalam pada 1959-1969. Tuan Guru Anang Sya’rani lahir pada 1328 H di Kampung Melayu Ilir Martapura.

Beliau anak pasangan H Muhammad Arif bin Haji Muhammad Syamani dan Hajah Fathul Jannah binti Syaikh Abdullah Khathib yang masih keturunan Syaikh Arsyad Al-Banjari. Muhammad Sya’rani mendapat panggilan kesayangan ”Anang”, sehingga urang Banjar masih menyapanya dengan Guru Anang Sya’rani hingga kini.

Guru Anang Sya’rani karakternya pendiam dan cenderung serius dan tekun menimba ilmu dari banyak guru, diantaranya KH Kasyful Anwar. Di bawah pengawasan sang paman inilah, Syeikh Sya’rani Arif bersama KH Syarwani Abdan (Guru Bangil) menimba ilmu agama ke Mekkah.

Di Mekkah KH Anang Sya’rani banyak belajar dengan ulama-ulama besar. Beliau juga mendapat ”sorban” khalifah dari Syeikh Umar Hamdan.

Bupati Khalilurahman juga mengenal sosok KH Anang Sya’rani Arief. Menurutnya beliau pribadi sederhana dan begitu ramah dengan siapapun, tidak memandang kaya atau miskin.

"Beliau juga tidak segan turun ke pasar belanja keperluan sehari-hari di dapur. Pribadinya sederhana” ujar Guru Khalil mengenang mendiang mertuanya itu.Guru Sya’rani Arif kemudian diserahi tongkat estafet kepemimpinan dari KH Kasyful Anwar sebagai pimpinan Ponpes Darussalam. Al-Muhaddist KH Anang Sya’rani arif pun membuka majelis pengajian khusus guru-guru di kediamannya, di Kampung Melayu./f

Di antara murid beliau, adalah KH Mahfuzh Amin (Abah Pengasuh Ponpes Ibnu Amin Pemangkih), Abah Guru Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Sekumpul Al-Banjari, KH Salim Ma’ruf, KH Mukhtar HS (pengasuh Ponpes Ibnul Amin saat ini) dan banyak ulama lainnya.Usai pembacaan Manakib dilanjutkan dengan tausiah Agama oleh Habib Ali Zainal Abidin Al Hamid dari Malaysia.

Pewarta: Asmuni Kadri

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019