Kawasan kehilangan hampir satu juta kursi

     CHICAGO, 8 Agustus 2012 (ANTARA/PRNewswire) -- Operasi penerbangan terjadwal di Amerika Utara akan berada pada tingkat terendahnya selama 10 tahun pada bulan Agustus, menurut statistik terkini dari pemimpin pasar data jadwal penerbangan OAG, merek UBM Aviation.

     (Logo: http://photos.prnewswire.com/prnh/20110908/NY64578LOGO )

     FACTS (Frequency and Capacity Trend Statistics) OAG untuk bulan Agustus 2012 mengungkapkan bahwa akan ada jumlah kursi pesawat yang lebih sedikit pada bulan ini sebanyak 953.083 kursi yang ditawarkan di Amerika Utara dibandingkan dengan bulan Agustus 2011, dengan pengurangan jumlah penerbangan sebesar 21.401. Untuk tahun ini, telah terjadi penurunan sebesar dua persen dalam penerbangan dan satu persen dalam kapasitas kursi dibandingkan dengan delapan bulan pertama tahun 2011.

     "Dilatarbelakangi oleh melambatnya perekonomian, kawasan Amerika Utara mengalami konsolidasi umum jasa penerbangan terjadwal internalnya," kata Rob Shaw, Direktur Analytics.

     "Ini sebagian merupakan konsekuensi alami dari merger maskapai penerbangan yang dipublikasikan dengan baik dalam tahun-tahun terakhir, tetapi juga mencerminkan strategi maskapai penerbangan individu di lingkungan perdagangan yang sulit: mengurangi kapasitas untuk mempertahankan tarif pada tingkat yang menguntungkan"

     Baru tiga dari 10 bandara (hub) teratas di Amerika Utara (San Francisco sebesar 7%, Charlotte sebesar 5% dan Toronto sebesar 4%) akan menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam kapasitas kursi pada bulan ini, sedangkan kapasitas di Chicago O'Hare akan turun tiga persen.

     Timur Tengah menunjukkan pertumbuhan jarak jauh tercepat dengan Dubai merupakan hub utama
     Penerbangan di Amerika Utara dan kursi ke dan dari wilayah lainnya di seluruh dunia akan menunjukkan peningkatan sebesar dua persen pada bulan Agustus, dengan menawarkan berita yang menggembirakan, namun pertumbuhan terbesar dalam penerbangan jarak jauh terlihat di Timur Tengah - khususnya didorong oleh Uni Emirat Arab dan Dubai.

     Operasi penerbangan ke dan dari kawasan Timur Tengah akan meningkat pada bulan ini sebesar tujuh persen menjadi 64.252, sedangkan kapasitas penumpang akan bertambah delapan persen menjadi 14.219.564 - hampir 4.000 penerbangan lagi dan lebih dari satu juta kursi lagi ditawarkan daripada bulan Agustus 2011. Penerbangan di kawasan Timur Tengah juga diperkirakan akan tumbuh sebesar empat persen (penerbangan) dan tiga persen (kursi).

     Bandara utama di kawasan Timur Tengah mengalami pertumbuhan kuat dari tahun ke tahun pada bulan Agustus, dengan Abu Dhabi mengalami peningkatan jumlah kursi sebesar 248.896 (naik 17%), Doha sebesar 244.470 (11%) dan Bahrain sebesar 114.560 (11%). Sejauh ini, pelaku terkuat di wilayah ini adalah Dubai, dengan 782.544 kursi tambahan dan 2.694 operasi penerbangan tambahan dibandingkan dengan bulan Agustus 2011.

     "Secara strategis, Timur Tengah kian penting sepanjang waktu, khususnya dalam hal hubungannya dengan Eropa Barat," kata Rob Shaw, Direktur Analytics.

     "Sementara pengurangan kapasitas pada beberapa rute penting antara kawasan Eropa Barat dan Asia-Pasifik berlanjut, lebih dari 400.000 kursi tambahan sekarang ditawarkan antara Eropa Barat dan Timur Tengah. Dari jumlah tersebut, lebih dari 70 persen berada di layanan ke dan dari Dubai dan Abu Dhabi, sebagian besar mencerminkan rencana ekspansi lanjutan maskapai penerbangan utama yang berbasis di kawasan Teluk."

     Penerbangan global naik 1% dan kursi 3%
     Dubai, dengan peningkatan operasi penerbangan 12 persen dan pertambahan kapasitas kursi 14 persen, juga menunjukkan pertumbuhan tercepat di antara bandara utama dunia.

     Kapasitas kursi di delapan dari 10 bandara terkemuka dunia akan bertambah bulan ini. Peningkatan dari tahun ke tahun di Beijing sebesar delapan persen semakin mendekatkannya dengan Atlanta sebagai hub terbesar di dunia dalam hal kursi yang ditawarkan, sementara Tokyo menambah hampir 375.000 kursi, naik lima persen pada bulan Agustus 2011, sehingga mempertahankan statusnya sebagai hub terbesar keempat di dunia setelah London-Heathrow.

     Di seluruh dunia, maskapai penerbangan telah menambah penerbangan sebanyak 16.948 dan kursi 9.608.208, dengan meningkatkan operasi penerbangan terjadwal total untuk bulan Agustus 2012 menjadi 2.789.437 dan jumlah kursi yang ditawarkan menjadi 361.193.356. Ini merupakan pertumbuhan penerbangan sebesar satu persen tetapi kursi tiga persen, yang dijelaskan oleh peningkatan penggunaan pesawat yang lebih besar. Kapasitas kursi pesawat rata-rata berjumlah 129 bulan ini dibandingkan dengan 127 pada bulan Agustus 2011.

     Untuk tahun ini, penerbangan terjadwal menunjukkan pertumbuhan sebesar dua persen dan kapasitas kursi naik tiga persen dibandingkan dengan periode Januari-Agustus tahun lalu.

     Tinjauan rinci FACTS OAG untuk bulan Agustus 2012 - termasuk informasi, komentar dan diagram tentang bandara, rute, negara dan kawasan tertentu di seluruh dunia - dapat diunduh sekarang di http://www.oagaviation.com/OAG-FACTS/2012/August-Executive-Summary.

    OAG FACTS diperbarui setiap bulan dan memberikan gambaran visual mengenai aktivitas penerbangan di seluruh dunia, dengan menggunakan grafik interaktif yang menampilkan tren kinerja 10 tahun, yang bersumber dari database terkonsolidasi jadwal penerbangan global OAG.

     Catatan untuk Editor:
     OAG, merek UBM Aviation, adalah sumber terpercaya untuk jasa informasi dan analitika penerbangan. Database penerbangan terkemuka OAG tak tertandingi dalam skala, akurasi dan kelengkapannya serta merupakan bagian integral dari operasi industri penerbangan dunia. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: www.oag.com.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012