Arus penumpang yang menggunakan sarana transportasi udara Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan menjelang H-8 Idul Fitri 1433 Hijriah mulai meningkat.

"Mulai Sabtu hari ini, arus penumpang mulai mengalami peningkatan meski pun jumlahnya tidak signifikan," ujar Manager Operasi PT Angkas Pura I Bandara Syamsudin Noor Haruman di Banjarbaru, Sabtu.

Menurut dia, peningkatan arus penumpang di bandara kebanggaan masyarakat Kalsel itu masih normal karena sejak awal hingga pertengahan Ramadan terjadi penurunan jumlah penumpang yang bepergian keluar daerah.

Ia mengatakan, penurunan jumlah penumpang sejak awal hingga pertengahan Ramadan cukup signifikan sehingga membuat beberapa maskapai membatalkan jadwal penerbangan ke sejumlah daerah tujuan.

"Sejak awal hingga pertengahan Ramadan, jumlah penumpang menurun sehingga beberapa maskapai membatalkan penerbangan tetapi sekarang arus penumpang yang berangkat sudah mulai meningkat," ungkapnya.

Dikatakan, jumlah penumpang pada awal hingga pertengahan Ramadan turun menjadi 3.000 hingga 4.000 orang per hari atau dibawah rata-rata penumpang per hari yang berangkat melebihi angka 4.000 orang.

Namun, kata dia, seiring semakin dekatnya Idul Fitri, arus penumpang mulai mengalami peningkatan meski pun jumlahnya belum signifikan dan melebihi jumlah rata-rata penumpang per hari.

"Saat ini boleh dikatakan peningkatan jumlah penumpang kembali ke angka normal rata-rata per hari sebanyak 4.000 orang lebih, tetapi dalam satu dua hari ke depan jumlahnya pasti lebih meningkat," ujarnya.

Ia memprediksi, peningkatan jumlah penumpang mulai terjadi pada H-7 Idul Fitri dan terus meningkat hingga menjelang hari H sehingga dipastikan bandara setempat dipadati ribuan penumpang per hari.

"Kami memprediksi puncak arus mudik penumpang pada H-3 dan H-2 Idul Fitri tetapi seperti pengalaman tahun sebelumnya peningkatan penumpang mulai terasa pada H-7," kata dia.

Ditambahkan, pihaknya sudah mengoperasikan posko terpadu Lebaran mulai Kamis (9/8) yang terdiri dari staf PT Angkasa Pura I dibantu aparat dari TNI/Polri dan petugas kesehatan.

"Petugas yang berjaga di posko terpadu siap memberikan pelayanan kepada calon penumpang disamping aparat TNI/Polri yang menjaga keamanan dan ketertiban serta petugas kesehatan yang selalu siaga," katanya.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012