Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Tim Serapan Gabah (Sergap) Markas Besar Angkatan Darat (MABESAD) kunjungi Kodim 1003 Kandangan, dan melakukan  Rapat Koordinasi (Rakor) bersama para petani di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)  yang dipimpin Ketua Tim Kolonel Infanteri Firmansyah.

Dandim Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriiwijayanto, di Kandangan, Kamis (24/1), mengatakan rakor Tim Sergap MABESAD dalam upaya pengawasan dan peninjauan pelaksanaan kegiatan dan monitoring kegiatan Sergap serta  pendamping Upaya Khusus (Upsus) swasembada pangan Kodim 1003 Kandangan tahun 2019.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang sudah bisa berhadir dalam rakor ini dan penyampaian ucapan terimakasih dari pemerintah melalui kementrian pertanian atas pelaksanaan program Sergap sudah berjalan dengan baik," katanya, saat memberikan sambutan bertempat di ruang data Makodim 1003  Kandangan.
Rakor Tim Segap MABESAD dengan para petani di wilayah HSS (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Ribuan warga hadiri zikir dan do'a bersama Kodim Kandangan

Dijelaskan dia, di wilayah Kandangan banyak potensi yang sangat luar biasa dan ada 13 titik penggilingan padi di wilayah Kabupaten HSS, sampai saat ini sudah empat kali kunjungan dari MABESAD, dan ia meminta para danramil serta Polres terus bersinergi untuk mendampingi program Sergap ini.

Ketua Tim Segap MABESAD Kolonel Infanteri Firmansyah, mengatakan kegiatan kunjungan ini adalah dalam rangka pengecekan secara nyata di lapangan tentang program sergap yang telah dicanangkan komando, atas apakah sudah berjalan dan hambatan apa yang dihadapi di lapangan.

"Pendampingan kepada petani serta bekerja sama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) agar penyerapan gabah petani lebih maksimal dalam rangka menciptakan kesejahteraan petani dan swasembada pangan," katanya.
Rakor Tim Segap MABESAD dengan para petani di wilayah HSS (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Dandim Kandangan gelar dialog bangun keumatan pergantian tahun 2019

Selesai Rakor, kegiatan dilanjutkan dengan meninjau tempat penggilingan padi milik H. Sarawani, di Desa Bamban Utara, Kecamatan Angkinang, dan kemudian Tim melanjutkan perjalanan menuju ke Kodim 1010 Rantau, Kabupaten Tapin.

Turut berhadir dalam rakor,  perwakilan SKPD terkait di Pemerintah Kabupaten (Pemkab HSS), Kasub Divre Bulog Barabai Rahmadi, Pasi Ter Dim 1003 Kandangan Kapten Inf Hariyadi Suprapto, para Danramil dan perwakilan Babinsa, Kapolsek Padang Batung Iptu Imam Suryana dan Kapolsek Kandangan Iptu Yaya Supriyadi, Mitra Bulog atau Penggilingan Padi serta perwakilan Poktan se HSS.
Rakor Tim Segap MABESAD dengan para petani di wilayah HSS (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019