Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Wakil Bupati Tanah Laut, Kalimantan SelatanH Rahmadian Noor dan Kapolres Batola AKBP Mugi Sekar Jaya menyaksikan video conference kerja sama Pengamanan dan Penegakan Hukum Pendistribusian Bantuan Sosial (Pamgakum Disbansos) 
antara pihak Polri dan Kemensos, di aula Rupatam Polres Batola, Selasa (22/1).

Video conference  kerja sama Pamgakum Disbansos kali ini berisi berbagai penjelasan baik oleh Koorsahli Kapolri Irjen Pol Muktiono selaku Kasatgas Pamdisbansos maupun Dirjen Perlindungan Jamsos Kemensos Harry Hikmat. 

Muktiono memberikan penjelasan panjang lebar terkait kerjasama Pamdisbansos ini mulai dari latar belakang pembentukan satgas, potensi kerawanan penyaluran, program kegiatan satgas, jenis program bansos, sasaran prioritas satgas, pendampingan program bansos BPNT dan PKH, hingga tugas pokok satgas.

Kemensos Harry Hikmat memberikan arahan dan penjelasan terkait anggaran serta program kegiatan perlindungan dan jaminan sosial tahun 2019 serta teknis penyaluran bansos PKH.

Seperti diketahui, Mabes Polri dan Kemensos melakukan kerjas ama terkait dukungan pengamanan dan penegakan hukum Pamgakum Disbansos. 

Terkait hal itu, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Kemensos Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) di ruang Pusdalsis Mabes Polri yang diikuti vicon bersama jajaran kepolisian se-Indonesia, Jumat (11/1) 
lalu.

Dari MoU menghasilkan kesepakatan bahwa Polri dan Kemensos akan bekerjasama dalam penyaluran bantuan sosial. 

Polri akan bertindak sebagai pemberi bantuan keamanan dalam pemberian bantuan sosial. Selain itu akan ada kerja sama pertukaran data dan informasi, pengamanan bantuan sosial dan penegakan hukum.

Tindaklanjut MoU akan diwujudkan dalam perjanjian kerjasama yang akan disusun paling lambat  dua bulan setelah penandatangan MoU. 

Kerja sama akan disusun oleh perwakilan kemensos, yakni Sekretaris Jenderal Kemensos bersama dengan Asisten Operasi Kapolri dari 
pihak Polri. 

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Sosial Batola Fuad Syech, Kepala Bapelitbang Batola Zulkifli Yadi Noor, Wakapolres Batola Kompol Awilzan beserta jajaran dan pihak terkait lainnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019