Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1433 H atau sering disebut Lebaran itu membawa berkah bagi para pedagang peci karena usaha mereka banyak sekali permintaan dalam seharinya.

Seorang Pedagang Peci di Kawasan Banjarmasin, H Yusuf di Banjarmasin, Minggu mengatakan, dalam sehari penjualan peci banyak sekali permintaan dari luar daerah.

Yang mana pesanan atau permintaan dari luar daerah itu mereka buat dijual kembali kepada para pelanggan mereka yang ada di sana.

Apa lagi sebentar lagi lebaran jadi permintaan itu sedikit meningkat, dalam seharinya bisa terjual peci sebanyak 50 peci dari berbagai jenis campuran.

Namun yang paling sering di beli oleh para langganan itu peci aceh yang bermotif di sampingnya dan peci haji putih karet lentur juga laris di pasaran karena simpel tidak memerlukan ukuran.

"Untuk peci kita jual dari harga kisaran Rp 35.000 hingga Rp 100.000 lebih, tergantung jenis yang mereka minati dan bagi yang beli banyak untuk dijual kembali maka kita akan kasih potongan agar mereka mudah memasarkan lagi dan mendapat keuntungan," terangnya.

Selain itu juga Yusuf mengakui bahwa di bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh Rahmat karena setiap bulan Ramadhan inilah kesempatan dia untuk mencari rezeki yang lebih.

Banyak sekali permintaan ditempat dagangan, dan kepada pelanggan harus bisa kurang lebih agar mereka setiap tahunnya bisa kembali ke tempat ini lagi dan menjadi langganan tetap.

"Usaha peci saya ini tetap bisa kurang lebih kepada pelanggan atau pun pembeli selalu murah senyum agar mereka nyaman dan selalu membeli di dagangan saya ini saat mereka membutuhkan peci dan tidak berpindah hati ke usaha lain," ucapnya.

Yusuf mengatakan, bahwa dirinya ini sudah puluhan tahun berdagang peci atau kopiah dan mulai dari ayahnya hingga dilanjutkan oleh dia sendiri.

Selama itu dirinya dan usahanya sudah banyak mendapatkan langganan dan mereka selalu membeli di sini baik pelanggan atau pembeli harian, bulanan atau pun tahunan saat bulan Ramadhan ini mereka pasti datang.

"Prinsip saya biar saja mendapatkan untung sedikit tapi barang laris dan pelanggan senang sehingga ke depannya mereka tetap mampir ke lokasi usahanya bila memerlukan peci lagi, keuntungan yang didapat mulai Rp 10.000 hingga Rp 15.000, dan bisa lebih," katanya. C

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012