Barabai, (Antaranews Kalsel) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero memberikan reward kepada setiap pelanggan yang dengan tertib membayar tagihan sebelum tanggal 10 dan justru yang mendapatkan adalah warga dari kalangan kurang mampu.

Seperti halnya yang dilakukan PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Barabai memberikan bingkisan dan penghargaan kepada pelanggan dengan tarif rumah tangga yaitu warga Hevia RT 4 RW 2 Kelurahan Barabai Darat ibu Musyakin (68), Senin (21/1).

Musyakin sendiri merupakan janda yang hidup sendiri di salah satu gang sempit di pinggir sungai Barabai dan rumahnya yang terbuat dari kayu hampir lapuk berukuran 4x6 meter.

"Kalau masalah listrik, itu yang bayar adalah anak saya yang bekerja menjadi petugas pembersih sampah di Banjarbaru," katanya.

Dia mengaku merasa senang mendapatkan hadiah dari PLN, dan membayar listrik diterangkannya menjadi sebuah kewajiban sebagai pelanggan.

"Dulu saya sempat kaget pernah dipanggil pihak PLN ke kantor, ternyata bukan masalah tunggakan tetapi kelebihan bayar yang sampai tiga bulan," kata Musyakin.

Selain itu, PLN UP3 Barabai juga memberikan penghargaan kepada pelanggan tarif sosial yang juga tepat waktu membayar tagihan yaitu Langgar Al-Mukarramah Bawan yang diterimakan oleh pengurusnya Bapak Jayadi.

Berikutnya, untuk pelanggan tarif bisnis yaitu toko Ibu Haji di Pasar Murakata Barabai dan untuk tarif industri diberikan reward kepada bengkel LAS Pancar Amanah yang beralamat di jalan Abdul Muis Ridhani Barabai.

Sedangkan pelanggan Pemerintahan yang selalu diawal waktu bayar tagihan listrik adalah KPPN Barabai yang langsung diterimakan oleh kepalanya Bapak Dayu Rusanto.

"Selama satu tahun saya bertugas di Barabai, pelayanan PLN sudah sangat bagus dan jarang sekali terjadi pemadaman dan kalau ada pemadaman pasti ada pemberitahuan lebih dulu serta kami mengucapkan terimakasih atas apresiasi ini," kata Kepala KPPN Barabai.
 
PT PLN UP3 Barabai saat memberikan penghargaan kepada KPPN Barabai sebagai pelanggan tarif pemerintahan yang selalu tepat waktu bayar listrik (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)


Supervisor pemasaran dan pelayanan PLN UP3 Barabai Angga Andriansyah menerangkan reward kepada pelanggan itu merupakan program PLN "Pelangganku sahabatku" yang merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan karena selalu tepat waktu atau diawal waktu melakukan pembayaran listrik pada Tahun 2018 dan diserahkan tanpa pemberitahuan sebelumnya alias kejutan.

"Program ini sudah tahun kedua berjalan dan rata-rata untuk pelanggan tarif rumah tangga yang mendapatkan reward adalah warga dengan kelas ekonomi ke bawah, seperti tahun sebelumnya yang mendapatkan juga adalah seorang pemulung," katanya.

Menurutnya, dengan pelanggan tepat waktu membayar listrik, outputnya juga sebesar 10 persen untuk pembangunan di daerah.

Video PLN UP3 Barabai saat menyerahkan reward dan bingkisan kepada pelanggan yang tepat waktu bayar listrik :  

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019