Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) bersama seluruh jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda dan Satlantas Polres bakal menggelar program nasional bertema Millennial Road Safety Festival yang dimulai sejak 2 Februari sampai 31 Maret 2019 mendatang.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Muji Ediyanto mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan sosialisasi guna menggaungkan rangkaian kegiatan yang bakal digelar secara terus menerus selama dua bulan penuh tersebut.

"Kami melibatkan kelompok milenial seperti pelajar, mahasiswa, santri pondok pesantren, berbagai komunitas motor hingga karang taruna dan lain sebagainya untuk bersama-sama dalam  kegiatan," terang Muji, Kamis (17/1).

Dirlantas mengungkapkan, rangkaian kegiatan yang digelar diantaranya Senam Kolosal Millennial, Freestyle Sepeda Motor Millennial, Safety Riding dan Safety Driving Millennial, Millennial Entrepreneur Expo, Jalan Sehat Millennial serta Deklarasi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

"Kita ingin generasi millennial terlibat langsung dalam kegiatan yang mereka sukai. Karena tujuan utama Millennial Road Safety Festival untuk menyelamatkan generasi millennial dari fatalitas kecelakaan," papar Muji kepada Kantor Berita Antara.

Adapun untuk kegiatan puncaknya di Kalsel, akan dilaksanakan pada 17 Maret 2019 di area Car Free Day di Banjarmasin. Namun sejak tanggal 2 Februari, Polres jajaran juga menggelar beragam acara dengan memanfaatkan area Car Free Day di wilayah masing-masing.
Berdasarkan data Manajemen Sistem Keselamatan Jalan Terpadu (IRSMS) Korlantas Polri, menunjukkan 50 persen lebih pelaku atau korban laka lantas melibatkan kelompok millennial usia 17 sampai 35 tahun. 

Sedangkan untuk Kalimantan Selatan, sepanjang tahun 2018 terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 486 kasus dengan korban meninggal dunia 338 jiwa dan luka berat 103 orang serta luka ringan 346 orang. Adapun kelompok umur millennial ada 95 jiwa jadi korban baik tewas maupun luka berat.

Diketahui usia produktif memang cukup dinamis yang memiliki kegiatan padat dengan pergerakan aktif menggunakan jalan raya sebagai media pergerakan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Untuk itu, Dirlantas berharap digelarnya Millennial Road Safety Festival, kecelakaan di Kalimantan Selatan bisa turun dan korban fatalitas meninggal dunia dan luka berat bisa ditekan untuk menyelamatkan jiwa manusia sebanyak-banyaknya.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019