Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Staf Ahli dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Himmatul Hasanah berkunjung ke Kota Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan melakukan sosialisasi dan audiensi dengan pejabat Pemkab dan jajaran pendidikan.

Himmatul yang merupakan staf ahli bidang pendidikan dan peningkatan mutu guru di daerah mensosialisasikan visi dan misi APKASI, program kerja yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru di daerah.

“Peningkatan kompetensi guru sangat berguna bagi daerah, jika mutu dan kompetensi guru semakin meningkat maka juga akan meningkatkan mutu pendidikan daerah setempat,” ujar Himmatul.

Himmatul mengatakan, peran guru sangat penting dalam pendidikan, menjadi sosok yang mencerahkan, membuka alam dan pikiran serta jiwa bagi anak didik.

Seorang guru, kata Himmatul memupuk nilai-nilai kasih sayang,  keteladanan,  prilaku, moralitas, kebhinekaan, inti sejati dari pendidikan berkarakter yang sesungguhnya.

Himmatul mengatakan, pendidikan sebagai pondasi karakter bangsa merupakan tanggung jawab bersama sehingga APKASI turut ambil bagian didalamnya dengan memprogramkan upaya peningkatan guru didaerah.

Ia menambahkan sebagai mintra pemerintah kabupaten seluruh Indonesia APKASI  memiliki misi strategis bagi daerah. Misi ini dituangkan ke dalam tugas pokok dan fungsi APKASI yang bermuara pada terciptanya pemerataan yang nyata, dan berkelanjutan.

Kegiatan sosialisasi dan audiensi yang dilaksanakan di Mess Negara Dipa Amuntai dihadiri ketua DPRD, kepala kejaksaan negeri, kapolres, kementerian agama, kepala dinas pendidikan dan kepala sekolah serta tenaga pendidik se Kabupaten HSU.

Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan sambutan Bupati berterima kasih atas kehadiran staf ahli APKASI dalam upaya turut memajukan pendidikan didaerah.

Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan seperti pengembangan kurikulum nasional dan lokal, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pengadaan buku dan alat pelajaran, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan manajemen sekolah, hingga dibentuknya sekolah unggulan." kata Rahmat.

Disampaikan bahwa pemerintah daerah mendukung peran APKASi karena Pemkab HSU juga menyadari peran penting seorang guru dalam mencetak sumber daya manusia, sehingga perlu terus diupayakan peningkatan kompetensinya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019