Penjualan kitab suci Al Qur`an ukuran kecil atau Al Quran saku laris dipasaran di Banjarmasin selama bulan Ramadhan 1433 Hijriyah.

Saleh (24) penjaga toko buku-buku agama di Banjarmasin, Kamis mengatakan, dalam sehari penjualan Al Quran saku rata 10 buah.

Kebanyakan pembelinya dari luar daerah, kadang dari para pemilik toko buku sendiri untuk dijual kembali kadang anak-anak pasantren yang kebetulan mereka sedang jalan-jalan ke toko buku ini.

Alasan mereka membeli buku Al-Qur`an kecil atau Al-Qur`an saku itu kebanyakan dari mereka mengatakan sangat simpel dan mudah untuk dibawa kemana-mana dan jarang ketinggalan.

"Penjualan Al-Qur`an saku itu sudah terlihat meningkat pada saat beberapa hari sebelum menjelang puasa, dan saat ini penjualan lebih meningkat dari hari-hari biasanya," terang pria berkacamata itu.

Saleh juga mengatakan, selain Al-Qur`an saku, buku-buku agamapun laris penjualan di bulan Ramadhan karena buku Al-Qur`an dan buku agama lainnya sebagian besar untuk disumbangkan lagi.

"Kebanyakan pembeli yang membeli dalam jumlah banyak terhadap Al-Qur`an kecil itu sempat mengatakan bahwa nantinya akan disumbang lagi ke mesjid atau pondok pasantren" ucap pria kurus tinggi itu.

Kalau pelanggan yang telah lam langganan dengan toko buku agama ini, biasanya mereka membeli Al-Qur`an kecil ini sebanyak 20 hingga 40 buku dalam seharinya dengan berbagai macam keperluan.

Kisaran harga Al-Qur`an kecil itu yang dicari pelanggan seharga Rp 25 ribu hingga Rp 55 ribu dengan harga terjangkau itu pelanggan tidak akan pindah kelain hati, dan toko buku agama ini juga menerima pesanan pembuatan Al-Qur`an kecil.

Pria berkacamata itu juga menuturkan, pada bulan Ramadhan ini penjualan ditoko bukunya baik dari jenis Al-Qur`an maupun buku-buku agama lainnya banyak mengalami yang signifikan, demikian Saleh. 

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012