Kandangan, (Antaranews Kalsel) -Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menyuguhkan makanan tradisional berupa Lapat, pada peringatan Hari Jadi ke 68 Kecamatan Daha Utara.

Camat Daha Utara Lothvie Rahmanie, di Tambak Bitin, Senin (14/1), mengatakan, uniknya Lapat tersebut berukuran lebih besar dari biasanya, yaitu 10x20cm, yang bisa dibagi ke dalam dua atau tiga porsi.

"Yang menjadi khas di Hari Jadi Kecamatan tahun ini, Kami memajukan makanan khas Negara, yaitu Lapat Negara, dengan ukuran yang tidak biasa," katanya, di sela kegiatan peringatan hari jadi, bertempat di halaman kantor setempat.
Camat Daha Utara Lothvie Rahmanie (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Pembangunan infrastruktur hadiah untuk hari jadi Padang Batung

Dijelaskan dia, bila ditotal dari 68 Lapat perdesa, ada 1.292 Lapat yang disajikan bagi masyarakat dan pihaknya yakin untuk satu Lapat itu tidak akan bisa untuk satu porsi, mungkin akan dibagi dua, maka akan lebih dari dua ribu warga yang bisa menikmati hidangan tersebut.

Peringatan hari jadi akan berlangsung selama tiga hari tiga malam ke depan, selain puncak peringatan juga akan digelar lomba bernyanyi untuk masyarakat umum, lomba mewarna anak, lomba menyanyi bagi kepala desa dan pasangan, lomba P2SA, dan lomba fashion show.

"Kegiatan yang kami laksanakan ini menyentuh segala bidang, dari anak-anak hingga remaja. Untuk pelaksana, kami juga melibatkan Puskesmas," katanya.
Stand Kuliner hari jadi ke-68 Kecamatan Daha Utara (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Kecamatan Loksado rayakan hari jadi ke-38

Untuk peringatan diisi pula dengan penyerahan bingkisan kepada alim ulama dan para Camat Daha Utara periode terdahulu, bantuan surplus PNPM, bantuan sosial berupa sembako, bantuan sepeda dari GNOTA kepada para anak asuh, mobil sekolah.

Begitupun, enyerahan secara simbolis 144 sertifikat tanah PTSL lintas sektor pertanian di Kecamatan Daha Utara, untuk Desa Taluk Labak sebanyak 91 bidang, Desa Hamayung 39 bidang dan Desa Hamayung Utara 14 bidang. Selain itu, diresmikan pula Kantor Sekretariat PKK Kecamatan Daha Utara.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019