Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kesempatan Acara Gathering dan Penyerahan Penghargaan Antara Kalsel Award 2018, yang merupakan bagian dari rangkaian acara HUT LKBN Antara ke 81 yang jatuh pada tanggal 13 Desember 2018, pada Rabu 9 Januari 2019 di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, dimanfaatkan Bupati Balangan sebagai ajang promosi kearifan lokal.

Dengan cekatan Bupati Balangan, H Ansharuddin mengungkapkan kepada para kepala daerah dan para tamu undangan yang hadir terkait berbagai varian buah durian (duren) yang merupakan buah lokal "Bumi Sanggam" julukan kabupaten setempat.

Dari Durian, Pepakin, Layung, Maharawin, Mantaula dan lain sebagainya yang merupakan varian jenis durian. Meskipun dari tampilan luar varian buah durian lokal setempat tidak banyak berbeda, namun isinya berbeda rasa dan warnanya.

"InsyaAllah pada Sabtu, (12/1) sekitar jam 10.00 Wita, di Kampung KB - Desa Marajai, Kecamatan Halong, sekitar satu jam perjalanan, atau sejauh 40 km ke arah timur ibukota Kabupaten Balangan, Paringin, akan dilaksanakan Fastival Buah Lokal Kalimantan Selatan, meliputi eksibisi buah lokal, atau pengenalan buah lokal langka berpotensi, yang ada di hutan Balangan," paparnya kepada para tamu.

Sembari menunjukkan berbagai jenis varian buah-buahan lokal yang ada di galery HP nya. Diantaranya, kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin, Kemudian Kabiro LKBN Antara Kalsel Nurul Aulia Badar, Ketua PWI Kalsel Zainal Ilmi, hingga para kepala daerah dan tamu undangan lainnya.

Menyikapi promosi daerah oleh seorang pemimpin daerah tersebut, Kepala Biro LKBN Antara Kalsel, Nurul Aulia Badar, berjanji akan mengunjungi Kabupaten Balangan pada event acara tersebut, sekaligus mengenal Kalimantan Selatan beserta kearifan lokalnya, hingga ke daerah-daerah terpencil lainnya.

"InsyaAllah saya akan hadir ke Balangan, sekaligus mengenal kearifan-kearifan lokal serta potensi-potensi daerah yang ada," tuturnya.

Untuk diketahui, Balangan akan melaksanakan Festival Buah Lokal Kalimantan Selatan, yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (12/1) sekitar pukul 10.00 Wita, di Kampung KB - Desa Marajai, Kecamatan Halong.

Acara meliputi Diskusi - Hutan dan Horti terkait tantangan pelestarian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. Kemudian makan durian gratis sebanyak 500 buah berbagai macam durian, sekaligus Eksibisi Buah Lokal terkait pengenalan buah lokal langka berpotensi.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019