Sebanyak 275 orang calon haji asal Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, mulai mengikuti manasik haji untuk pemberangkatan musim haji 1433 Hijriah.


Ketua Pelaksana Bimbingan Pelatihan Manasik Haji Kabupaten Hulu Sungai Tengah H Syarifudin, Selasa, meminta kepada calon haji untuk belajar atau manasik haji dengan sungguh-sungguh.

"Dengan manasik ini para calon haji bisa melaksanakan ibadah lebih lancar dan bisa menjadi haji mabrur," jelasnya.

Selain itu, tujuan pelatihan haji ini untuk memberikan bekal pengetahuan sebelum mereka menunaikan ibadah haji.

Pola bimbingan calon haji sesuai Keputusan Menteri Agama RI Nomor 396 tahun 2003 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.

Bentuk pelatihan kelompok belajar dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan yang dikelola oleh KUA kecamatan dan empat kali di kabupaten.

Materi manasik akan disesuaikan dengan buku silabus dan buku paket yang dikeluarkan Kementerian Agama sedangkan waktu dan tempat belajar ditentukan antara pelatih dan peserta haji.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan H Akhmad Tamzil dalam sambutannya mengharapkan jamaah memantapkan niat secara khusu, dan melaksanakan ibadah haji sesuai dengan pengetahuan yang diterima selama manasik aji. h

  Berdasarkan data calon haji pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebanyak 275 orang, terdiri dari laki-laki sebanyak 123 orang dan perempuan 152 orang./C/D.

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012