Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Unit Gegana dari Satuan Brimob Polda Kalsel melakukan sterilisasi terhadap sembilan gereja yang nantinya akan digunakan untuk melaksanakan ibadah Natal.
     
"Ada sembilan gereja yang kami sterilkan, dan kami juga dibantu dari Unit K9 Satwa Polda Kalsel serta dari Satuan Sabhara Polresta Banjarmasin," kata Kanit 1 Subden 1 Satuan Brimob Polda Kalsel Iptu Pol Dewa di Banjarmasin, Senin.
     
Dikatakannya, dalam sterilisasi itu ada pembagian tugas masing-masing di mana Unit Gegana melakukan pemeriksaan di dalam gereja tempat ibadah nantinya.
Sedangkan dari Unit K9 Satwa Dit Sabhara Polda Kalsel melakukan pemeriksaan di luar gereja yang dibantu beberapa ekor anjing pelacak
Unit K9 Satwa Dit Sabhara Polda Kalsel melakukan sterilisasi gereja dengan membawa anjing pelacak. (Antarakalsel/foto/Gunawan Wibisono)
   
"Dalam kegiatan itu Unit Gegana menurunkan 10 personel yang dilengkapi dengan alat pendeteksi bahan peledak atau bom," ucapnya di dampingi Kasubbag Humas Polresta Banjarmasin Iptu Pol Irkhamni.
     
Dewa terus mengatakan, sejauh ini belum ada ditemukan barang-barang yang mencurigakan namun petugas tidak boleh santai tetap harus waspada dan selalu siaga.
Unit Gegana Satbrimob Polda Kalsel sedang melakukan sterilisasi di salah satu gereja di Banjarmasin. (Antarakalsel/foto/ist)
Dijelaskannya, personel gegana yang diturunkan menggunakan peralatan pendeteksi benda-benda berbahaya di sekitar tempat ibadah yang menyisir hampir seluruh area sekitarnya. 
     
Kegiatan sterilisasi dilakukan personel kepolisian yang dibantu Gegana Brimob merupakan kegiatan rutin setiap menjelang maupun bertepatan perayaan natal di gereja-gereja. 
     
"Semoga perayaan Natal 2018 dan perayaan Tahun Baru 2019 berjalan lancar dan aman tanpa ada kendala apapun di lapangan," tuturnya. 

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018