Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Dandim Kandangan 1003 Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara serah terima simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya, bertempat di Taman Palindangan Sehati.

Ia mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dan pribadi mengucapkan selamat datang kepada pasukan Tim Tonting Yuda Wastu Pramuka Jaya, di Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

"Korps Infanteri merupakan salah satu pasukan kebanggaan milki TNI AD, yang sampai saat ini masih memiliki semangat juang yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok sehari-hari dalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," katatanya, saat menyampaikan arahan, Senin (17/12) pagi.
 
Upacara serah terima simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Dandim Kandangan sertijabkan dua danramil dan dua perwira staf

Menurut dia, melalui perjuangan yang banyak mengorbankan jiwa raga harta dan benda dengan hanya bersenjatakan bambu runcing dan senjata seadanya, para pejuang berjuang dalam merebut kota Ambarawa dari penjajah.

Kegiatan Tonting ini juga diikuti oleh segenap organisasi dan kelompok masyarakat yang menunjukkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang sampai sekarang terjalin dengan baik dalam menjaga keutuhan NKRI.

Upacara ini dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2018, dan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Batalyon Infanteri TNI AD yang secara beranting membawa Simbol Yudha Wastu Kencana dari Batalyon ke Batalyon sesuai jalur yang sudah ditentukan.
 
Upacara serah terima simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Pewarta asli Angkinang raih juara II karya jurnalistik TMMD

Penyerahan di kota Kandangan ini merupakan tahap akhir Etafe ke-4 yang menempuh jarak sejauh 22 kilometer dari total jarak 250 kilometer, untuk etafe selanjutnya dilaksanakan di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara(Kaltara), yang puncaknya akan dilaksanakan upacara besar-besaran di Kota Samarinda, Kaltim, Rabu (19/12) mendatang.

Turut hadir, Kabag Sumda Polres HSS Kompol M. Rais, Kepala dinas Pendidikan HSS Nordiansyah, Kepala BPB Kesbangpol HSS Efran, tokoh agama dan masyarakat, sebagai peserta upacara satu SST dari Kipan C Yonif 621/Manuntung, satu SST Polres HSS, satu SST Satpol PP dan satu SST Tagana HSS.
 
Upacara serah terima simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018