Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan turunanya, PT Minamas Plantation mendukung terciptanya insan jurnalis yang profesional menyambut era digital.

"Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Kalimantan Selatan "membaca" di era digital, di mana pertumbuhan industri media semakin pesat, diperlukan sumber daya manusia kejurnalistikan yang profesional. Oleh karenanya perlu dicari mereka yang memiliki bakat terpendam perlu disiapkan menyambut era tersebut," kata Kepala Biro LKBN Antara Kalimantan Selatan, Nurul Aulia Badar, di Banjarmasin, Senin.

Dikatakan, untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Antara Biro Kalsel menggandeng sejumlah perusahan di "Bumi Antasari" Kalimantan Selatan.

Mengangkat kearifan lokal, panitia lomba mengundang mahasiswa dan pelajar tingkat SLTA di Kalimantan Selatan untuk menunjukkan bakatnya menjadi presenter.

"Melalui ajang lomba presenter Antara 2018 ini, kita ingin menggali mereka yang memiliki bakat untuk dikembangkan, karena peluang untuk berkarya di bidang presenter ke depan cukup menjanjikan," kata Aulia Badar mantan Kepala Biro Antara di Malaysia.

Dikatakan, kegiatan lomba presenter Antara TV yang digelar Antara Biro Kalimantan Selatan ini didukung oleh PT Minamas Plantation, perusahaan Migas PT Mubadala Petroleum, Bank Kalsel, PT Adaro, PT Indocement Tunggal Prakarsa, Pertamina, Pemerintah Kota Banjarmasin, Perum Bulog, BNI 46, dan sejumlah mitra lainnya.

Dukungan Minamas dalam lomba presenter dan kejurnalistikan ini menujukkan bahwa, perusahaan komitmen untuk merciptakan insan jurnalis yang profesional.

"Sudah ada beberapa perusahaan media, atau TV siap menampung pemenang dari lomba Presenter Antara TV 2018 ini. Oleh karenanya, saya minta para peserta untuk menujukkan bakat dan kemampuanya," kata Aulia Badar yang juga Ketua Panitia Lomba Presenter Antara 2018.

Dia menjelaskan, pada Grand Final lomba Presenter TV yang digelar LKBN Antara Biro Kalimantan Selatan, Sabtu (8/12) akhirnya menelorkan masing-masing 3 orang pemenang untuk kategori pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMA) dan Mahasiswa.

Mereka merupakan yang terbaik, dan mampu menyisihkan 20 finalis lainnya dengan nilai teringgi.

Kategori pelajar, peringkat pertama diraih Puteri Riztin Perdana Sari, siswi SMAN 1 Banjarbaru dengan nilai 2.910, peringkat kedua ditempati Ramina Yudhistira SMKN 1 Banjarmasin mengumpulkan nilai 2.760 dan Eksa Yola Turshela pelajar SMAN 1 Tanjung di peringkat tiga dengan nilai 2.725.

Tingkat Mahasiswa, posisi pertama dengan nilai 2.990 diraih Kristin Juli Saputri Mahasiswi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, peringkat kedua Rizqa Hasinah juga Mahasiswi ULM, dan tempat ketiga M.Sultan Yasfi Labib, Mahasiswa Politeknik Banjarmasin dengan nilai 2.855.

Pewarta: Shohib/I Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018