Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - TNI Angkatan Laut memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Armada RI. Dalam momentum Hari Armada, 
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto mengingatkan soliditas kepada seluruh jajaran.

"Tingkatkan terus kekompakan dan soliditas baik di internal maupun dengan masyarakat dan seluruh stakeholder dan mitra kerja," ucap Wijayanto, Rabu (5/12).

Hal itu dikatakannya kepada wartawan usai memimpin Upacara Peringatan Hari Armada RI di Mako Lanal Banjarmasin. 
Danlanal mengungkapkan, peringatan Hari Armada merupakan rasa syukur kepada Allah SWT untuk mengingatkan kembali perjuangan para pahlawan pada saat kemerdekaan yang bersama-sama berjuang membangun dan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui 
berdirinya organisasi Komando Armada ALRI, yang diresmikan pembentukannya pada tanggal 5 Desember 1959 oleh KSAL Komodor Laut R.E. Martadinata.

"Syukur alhamdulilah saat ini wilayah perairan kita khususnya di bawah komando Lanal Banjarmasin yang membentang dari Kuala Jelai Kabupaten Sukamara hingga ke Samuda di Kabupaten Kota Waringin Timur dan dari Kintap hingga Sungai Danau di Kalsel terpantau kondusif. Kondisi ini patut disyukuri dan harus terus dijaga oleh anggota yang bertugas di Posal-Posal," tandasnya.
Dalam pelaksanaan upacara, Danlanal membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Dalam pesan tertulisnya, Kasal menyampaikan, Peringatan Hari Armada RI yang dilaksanakan setiap tahun, tidak hanya sekadar kegiatan seremonial semata, tetapi merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang Masa Esa atas peran Koarmada Satu, Koarmada Dua dan Koarmada Tiga dalam melaksanakan tugas pertahanan negara di laut.

Untuk itu, peringatan itu juga menjadi wujud introspeksi dan evaluasi bagi seluruh jajaran Armada atas pelaksanaan tugas yang telah diemban, sehingga kedepan diharapkan akan semakin optimal.
Upacara dihadiri segenap satuan dan unsur baik TNI maupun Polri hingga Basarnas serta siswa SMK Pelayaran Arung Samudra Banjarmasin dan Pramuka Saka Bahari Lanal Banjarmasin.

Turut hadir juga sejumlah pejabat seperti Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani, Kajati Kalsel Ade Adhyaksa, Kabinda Kalsel Brigjen Pol Drs Dono Indarto dan Ketua DPRD Kalsel H Burhanuddin.

Usai upacara, acara dilanjutkan ramah tamah di Gedung Hasan Basry Mako Lanal Banjarmasin yang diharapkan mempererat silaturrahmi antara jajaran prajurit TNI Angkatan Laut dan tamu undangan yang hadir dari berbagai unsur satuan dan masyarakat.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018