Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar doa bersama dan syukuran makan nasi samin bersama masyarakat HSS, sebanyak  20.000 nampan nasi Samin untuk memeriah  hari jadi ke-68 Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Setiap nampan nasi samin tersebut, bakal dihidangkan untuk empat orang undangan dan masyarakat yang hadir memerihkan puncak peringatan hari jadi HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Sabtu (1/12), mengatakan syukuran ini dilaksanakan menjelang acara puncak peringatan Hari Jadi ke-68 Kabupaten HSS pada besok, MInggu (2/12). 

Syukuran hari jadi ke-68 Kabupaten HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Pemkab HSS galakkan gerakan makan sayur, buah dan ikan

"Ini adalah bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang telah menghantarkan Kabupaten HSS berusia 68 tahun dan mudah-mudahan melalui syukuran dapat merajut silaturahmi juga untuk mendapatkan ridhanya Allah SWT,” kata, saat menyampaikan sambutan, bertempat di Lapangan Lambung Mangkurat.

Dijelaskan dia, kegiatan ini juga dalam rangka menghormati dan memuliakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, sehingga menu yang disajikan pun bernuansa kearab-araban, dimakan bersama dalam satu nampan dengan semangat kebersamaan tidak ada perbedaan satu dengan yang lain.

Adapun, untuk HSS Expo sengaja dilaksanakan setelah acara peringatan hari jadi yang dilaksanakan mulai tanggal 7 sampai dengan 12 Desember mendatang, dengan pertimbangan karena Pemkab HSS ingin tetap menghormati kesucian bulan Rabiul Awal.

Syukuran hari jadi ke-68 Kabupaten HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Peringati HUT Korpri Bupati HSS kunjungi para purna tugas

Sebelum acara syukuran dimulai Bupati HSS beserta istri didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad beserta istri terlebih dahulu meninjau stand-stand nasi samin, yang disediakan oleh SKPD di lingkup Pemkab HSS, instansi Vertikal dan BUMN di Kabupaten HSS.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan doa oleh Tuan Guru Haji Ahmad Syairazi yang merupakan Pimpinan Majelis Raudhatul Ghanna Annabawiyyah Kandangan dan dilanjutkan dengan pembacaan doa selamat oleh Ketua MUI Kabupaten HSS KH Muhammad Ridwan Basri atau Guru Kapuh.

Syukuran hari jadi ke-68 Kabupaten HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018