Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggalakkan gerakan makan sayur, buah dan ikan tanpa nasi, kegiatan ini masih dalam rangkaian peringatan Hari jadi ke-68 Kabupaten HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Jum'at (30/11), mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memasyarakatkan gerakan masyarakat gemar makan sayur, buah dan ikan.

"Kegiatan ini juga dilaksanakan guna mendukung program pemerintah untuk Indonesia sehat, karena menurut survei yang ada mengatakan kecendrungan masyarakat untuk makan sayur buah dan ikan masih tidak terlalu signifikan," katanya, disela kegiatan bertempat di Taman Palindangan Sehati, Kandangan.

Pemkab HSS galakkan gerakan makan sayur, buah dan ikan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Peringati HUT Korpri Bupati HSS kunjungi para purna tugas

Menurut dia, maka melalui gerakan ini mulai hari ini mengajak karyawan-karyawati dan sekaligus anak-anak sejak dini, mulai sekarang untuk membiasakan makan sayur buah dan ikan.

Diharapkan dia, dilaksanakannya kegiatan ini maka semangat kebersamaan antara semua bisa terus ditingkatkan dan semangat untuk mensosialisasikan makan sayur buah dan ikan sangat penting dalam pola makan untuk kesehatan keluarga.

Begitupun ia menghimbau masyarakat agar membuang sampah sesuai dengan tipenya, karena beberapa jenis sampah masih bisa didaur ulang, dan ini dalam rangka merubah pola pikir warga bahwa sampah itu bukan musuh, tetapi bisa dimanfaatkan sehingga bernilai ekonomis.

Kegiatan ini diawali dengan senam bersama, dilanjutkan dengan mengkonsumsi berbagai hidangan yang disediakan oleh masing-masing SKPD, menu yang dihidangkan terdiri dari buah-buahan, sayur dan lauk, tanpa nasi.

Pemkab HSS galakkan gerakan makan sayur, buah dan ikan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Syukuran hari jadi HSS para pejabat akan kenakan pakaian gamis

Gerakan makan sayur, buah dan ikan ini juga dihadiri oleh siswa siswi Taman Kanak-kanak (TK) dan undangan lainnya, bertujuan untuk mengenalkan sejak dini kepada anak-anak, pentingnya mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sedari kecil.

Turut berhadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj Isnaniah Fikry, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten HSS Srie Astuti, Pj Sekda Kabupaten HSS H Hubriansyah, para kepala SKPD dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab HSS.
 

Pemkab HSS galakkan gerakan makan sayur, buah dan ikan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018