Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pendaftaran Lomba News Presenter TV yang digelar Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (Perum LKBN Antara) Biro Kalimantan Selatan diperpanjang hingga tanggal 27 November 2018.

"Sebelumnya kan waktu pendaftaran terakhir Sabtu (24/11). Namun karena banyaknya permintaan dari masyarakat maka kami putuskan untuk diperpanjang sampai Selasa pekan depan alias tanggal 27 November," terang Kepala Biro LKBN Antara Kalimantan Selatan Nurul Aulia Badar di Banjarmasin, Sabtu.

Keputusan perpanjangan itu diambil setelah tim panitia menggelar rapat Sabtu siang di ruang redaksi Kantor Antara Jalan Brigjen H Hasan Basry No 1 Banjarmasin. Setelah melihat animo yang sangat tinggi di hari terakhir, maka diputuskan untuk tetap mengakomodir calon peserta untuk mendaftar.

Untuk itu, bagi pelajar dan mahasiswa yang serius berminat mengikuti lomba maka diharapkan segera melakukan pendaftaran dengan cara mengisi formulir di portal online Antara Kalsel di alamat https://kalsel.antaranews.com pada rubrik Lomba Presenter.

Kemudian mengirimkan data diri (kalau ada pengalaman berorganisasi bisa disertakan) seperti foto kartu pelajar atau mahasiswa serta membuat video selayaknya presenter TV dengan tema bebas berdurasi maksimal sekitar 1 menit.

"Kalau sebelumnya ada tema yang ditentukan, maka sekarang bebas saja. Hal ini untuk memudahkan peserta yang mungkin baru pertama kali membuat video selayaknya presenter TV. Untuk durasi pun singkat saja tidak perlu panjang-panjang boleh di bawah satu menit dan cukup bikin video di rumah saja menggunakan handphone," papar Olly, sapaan akrab Nurul Aulia Badar.

Menurut Olly, pembuatan video yang mudah tanpa ribet itu menyusul banyak pertanyaan dari calon peserta perihal video, termasuk soal pengeditan dan sebagainya.

"Jadi saya tegaskan video tidak perlu diedit, natural saja. Tapi kalau memang peserta dengan inisiatif sendiri membuat video selayaknya presenter beneran dengan lokasi di lapangan dan hasil videonya melalui proses editing juga silahkan. Itu justru nilai plus bagi peserta yang bersangkutan," jelas Olly menegaskan.

Selain melalui pengiriman berkas formulir di email antaralombapresenter@gmail.com, peserta juga bisa menghubungi nomor panitia Asmuni Kadri (08215395122), Firman (082154025904) dan Icha (082152685454). Atau bisa juga langsung datang ke Kantor Antara Biro Kalsel untuk mendaftar.

"Silahkan bertanya di nomor kontak panitia yang tersedia. Bahkan bisa mengirimkan formulir, data diri dan video ke WhatsApp Messenger panitia. Atau bagi yang datang langsung ke kantor, bisa kami fasilitasi membuat videonya. Jadi cukup bawa formulir dan fotokopi kartu pelajar atau mahasiswa," tandas Olly.
Adapun peserta yang dinyatakan lulus tahap seleksi, akan mengikuti pelatihan selama satu hari pada Kamis (29/11) dengan narasumber dari Antara TV Pusat di Jakarta. Setiap peserta mendapatkan kaos dan sertifikat serta tentunya konsumsi selama pembekalan tersebut. Sedangkan babak penyisihan berlangsung tanggal 1 dan 2 Desember 2018 serta final 8 Desember 2018.

Lomba News Presenter TV sendiri digelar dalam rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-81 Perum LKBN Antara yang berdiri sejak 13 Desember 1937.

Perum LKBN Antara merupakan BUMN yang diberikan tugas oleh pemerintah untuk melakukan peliputan dan penyebarluasan informasi yang cepat, akurat, dan penting, ke seluruh wilayah Indonesia dan dunia internasional. 

Selain penyedia berita teks (Antara News), video (Antara TV) dan foto (Antara Foto) untuk memasok ke berbagai media berlangganan baik dalam negeri (nasional atau lokal) maupun internasional, Perum LKBN Antara juga punya portal media online di https://www.antaranews.com yang terintegrasi ke portal Kantor Biro seluruh Indonesia.

Khusus untuk Antara Biro Kalimantan Selatan, kini sedang mengembangkan TV streaming yang dapat diakses di Youtube dengan channel ANTARA TV PORTAL KALSEL. Sehingga kedepannya dibutuhkan lebih banyak presenter dan reporter TV yang berminat untuk bergabung sebagai jurnalis Antara.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018