Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) menggelar berbagai lomba bagi para tenaga pendidik PAUD sebagai upaya meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka.

Ketua panitia Netty Ika Syahnidadi Amuntai, Selasa mengatakan jenis lomba disesuaikan dengan tuntutan kemampuan guru PAUD untuk ditularkan kepada anak didik.

"Kita mengadakan lomba menari, paduan suara, mewarnai dan finger painting karena kemampuan ini diperlukan bagi Guru PAUD untuk mendidik anak-anak," ujar Netty.

Netty mengatakan, kegiatan lomba juga dimaksudkan mempererat silaturrahim dan kebersamaan antar guru PAUD untuk bersama meningkatkan keterampilan dan kemampuan.

Ketua HIMPAUDI Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Saberansyah menambahkan kegiatan lomba dalam rangka Hari Jadi HIMPAUDI ke 13.

"Kita mengharapkan kegiatan lomba bisa memotivasi tenaga pendidik PAUD untuk meningkatkan kualitas diri dalam mendidik," katanya.

Membuka lomba yang dilaksanakan di Aula kantor DKPP tersebut, Kepala seksi pendidikan non formal Dinas Pendidikan HSU Basuki Rahman mengakui jika masih banyak tenaga pendidik PAUD yang belum berijazah Sarjana.

"Dinas Pendidikan ada memiliki program beasiswa bagi mereka disamping program pendidikan dan pelatihan," kata Basuki.

Ia juga mengakui jika insentif tenaga pendidik PAUD masih rendah dibanding upah minimum tapi dengan jumlah mereka yang mencapai ribuan di 290 lembaga PAUD pemerintah daerah harus mengalokasikan anggaran hingga miliran rupiah untuk insentif guru PAUD.

Basuki berharap ada kerja sama lintas sektoral untuk pengembangan pendidikan PAUD termasuk dari alokasi dana desa apalagi sektor pengembangan Sumber Daya Manusia menjadi fokus dari pengelolaan dana desa tahun ini.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018